InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Wisata Kuliner Menikmati Kuliner Khas Sunda

December 12, 2017 | Informasi

Jika sedang jalan-jalan ke kawasan Jawa Barat (Bandung misalnya), kita akan disuguhkan aneka macam sajian wisata kuliner, mulai dari budaya masyarakat sunda yang mendominasi sampai kuliner khas sunda yang mulai terkenal diberbagai kawasan diluar Jawa Barat. Tentu kita tidak aneh lagi dengan nama-nama kuliner menyerupai lalapan, nasi timbel serta jajanan khas sunda menyerupai batagor, cireng, karedok, cilok dan lainnya yang merupakan sebagian kecil dari ragam kuliner khas masyarakat sunda.

Secara umum,bahan pangan utama masakan sunda meliputi mulai dari seafood sampai daging menyerupai ayam, bebek, burung dara, sapi, kerbau dan kambing. Artinya masakan sunda bukan bercirikan lauk utama yang digunakan, melainkan pada materi komplemen yang menyertainya Seperti nasi timbel misalnya.

Nasi timbel mengacu pada kuliner yang nasinya dibungkus dengan daun pisang selagi panas. Nasi putih yang panas mengeluarkan aroma khas daun pisang menjadi ciri utama nasi timbel. Kemudian penggunaan komplemen lain menyerupai sayuran segar dan sambal terasi. Untuk lauk yang dipakai bisa mengguakan ayam atau angsa yang digoreng atau dibakar.

Resep sambel Oncom dan Uli Bakar yang Nikmat). Tempe memakai kacang kedelai sebagai bahan, sedangkan oncom memakai kacang tanah. Oncom sanggup di goreng, ditumis dengan sayuran, ataau dijadikan pepes. Selain hidangan-hidangan diatas, masih banyak lagi jenis hidangan sunda yang telah dikenal dan menjadi favorit keeluarga.

Selain hidangan-hidangan diatas, masakan sunda juga terkenal dengan kudapannya yang bergam dan digemari, semuanya sangat gampang ditemukan di rumah makan Sunda dan Seafood Jakarta. Tentu kita tidak aneh lagi dengan nama-nama camilan menyerupai cireng, cilok, tahu sumedang, tahu gejrot dan masih banyak lagi. Kudapan-kudapan tersebut sering kita jumpai diberbagai provinsi lain selain Jawa Barat dan begitu digemari. Ini menjadi salah satu tolak ukur bagaimana masakan dan camilan khas sunda telah menjadi begitu poluler dan bisa menembus batas selera masyarakat indonesia yang beragam.

Pecinta wisata masakan Jakarta harus mencoba aneka macam racikan hidangan kuliner khas, untuk menyempurnakan wisata masakan anda. Aktifitas/kesibukan harian sanggup anda selingi dengan mengadakan wisata masakan sederhana dengan merasakan aneka hidangan kuliner khas Sunda yang disajikan dengan sangat menarik, anda tidak hanya akan merasakan kuliner nikmat ala Sunda melainkan sanggup menikmati suasana rumah makan, bahkan mungkin menemukan wangsit dari konsep penyajian kuliner yang menawan.

tags:

Related For Wisata Kuliner Menikmati Kuliner Khas Sunda