InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Tips Contoh Makan Sehat Bagi Mahasiswa

December 12, 2017 | tips sehat
Pola makan mahasiswa dinilai kurang sehat alasannya teladan hidup yang mendorong untuk mengkonsu Tips Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa
Pola makan mahasiswa dinilai kurang sehat alasannya teladan hidup yang mendorong untuk mengkonsumsi kuliner instan.

Sebagai mahasiswa, ada baiknya, anda mulai menerapkan gaya hidup sehat, mumpung masih muda. Kondisi atau tuntutan mencar ilmu anda tak boleh mengorbankan urusan kesehatan, berikut ini beberapa tips yang bermanfaat bagi mahasiswa yang berkomitmen untuk menjalankan teladan hidup sehat, tentu saja dimulai dengan mengkonsumsi kuliner sehat!

1. Makanlah sesuai waktunya

Makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya yaitu cara terbaik untuk mempertahankan berat tubuh dengan sehat. Kalau kau melewatkan sarapan atau makan malam, kau justru akan lebih kelaparan dan cenderung makan lebih banyak dengan kuliner yang tidak sehat.

2. Konsumsi buah dan sayuran yang beraneka warna

Banyak manfaat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, sebaiknya anda mengganti kebiasaan jajan ada pada kuliner yang kurang bermanfaat bagi tubuh ibarat jajanan instan dalam kemasan, sebaiknya gantilah kebiasaan ngemil dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang beraneka macam warna.

3. Biasakan membawa bekal

Selain menghemat uang jajan, membawa makan siang dari rumah akan menghemat waktu dengan tidak perlu jauh-jauh dan mengantri di kantin atau warung kuliner dan tentunya gizi yang terkandung sangat baik alasannya kuliner yang dibentuk sendiri kita ketahui kandungan nutrisinya.

4. Makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang

Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), juga buah dan sayur dalam jumlah yang  cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

5. Pilih kuliner yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng

Dibandingkan kuliner yang dipanggang atau direbus, kuliner yang digoreng memiliki 50% kalori atau lemak lebih banyak.

6. Mengemil dengan sehat

Salah satu cemilan sehat yaitu buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad.

7. Kurangi fast food

Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan2. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.

8. Hindari soft drink

Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapat asupan karbohidrat, lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Semoga bermanfaat!

Related For Tips Contoh Makan Sehat Bagi Mahasiswa