InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Ternyata Rambut Jagung mempunyai Kegunaan yang tak Terduga bagi Kesehatan

April 25, 2017 | Fakta

InfoSehatPedia – Jagung yang ada di Negara kita biasanya digunakan untuk pengganti nasi sebagai makanan Alternatif, karena juga mengandung Karbohidrat yang tinggi, dan untuk mengolahnya hanya di ambil bagian bonggol jagungnya saja, padahal Rambut Jagung juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan olahan yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Rambut jagung sendiri merupakan bagian dari jagung yang terletak pada ujung bongkol. Biasanya, rambut jagung memiliki warna putih, kuning, merah hingga kehitaman tergantung dari umur jagung tersebut.

Tak kalah dengan bongkolnya, rambut juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B2, vitamin K, protein, kalsium, fosfor, dan juga potassium. Selain itu, rambut jagung juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid, saponin dan beta-karoten.

Umumnya, orang-orang memanfaatkan rambut jagung sebagai bahan dasar minuman herbal seperti teh. Manfaatnya pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Rambut jagung yang sudah diolah menjadi teh mampu menjadi obat bagi berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, diabetes, panas dalam, gangguan kandung kemih dan batu ginjal.

Selain itu, teh rambut jagung juga bisa menguatkan sistem imunitas tubuh, mengontrol kadar kolesterol, melancarkan sistem pencernaan, hingga menyembuhkan peradangan.

Untuk cara pembuatan teh rambut jagung,

Bahan Yang Diperlukan :

  • 30 – 50 gram rambut jagung kering
  • 1 gelas air panas
  • Cara Pembuatan:

Ambil rambut jagung yang sudah kering, kemudian seduh dengan air panas. Tunggu hingga berwarna kecoklatan, lalu saring. Minum teh selagi masih hangat.

Usahakan untuk menggunakan rambut jagung yang masih segar. Dan juga, disarankan untuk meminumnya secara teratur setidaknya 2 – 3 kali seminggu.

Semoga Bermanfaat!

Related For Ternyata Rambut Jagung mempunyai Kegunaan yang tak Terduga bagi Kesehatan