InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Ternyata mudah mengencerkan dahak dengan Bahan Alami ini

May 7, 2017 | Pencegahan

InfoSehatPedia – Mungkin ada sebagian dari Anda yang pernah mendengar Ekspektoran, yang biasa ada di kemasan obat batuk atau iklan di TV, zat ini adalah pereda dahak dalam tenggorokan, walau dahak di produksi langsung oleh tubuh, namun bisa terlalu banyak akan membuat tenggorokan merasa tidak nyaman.

Bisakah Dahak ini di hilangkan menggunakan Bahan alami yang ada di sekitar kita? berikut kami rangkumkan untuk Anda macam pengencer dahak alami.

Berbagai macam pengencer dahak alami

Anda tidak perlu obat-obatan hanya untuk meredakan dahak yang menumpuk di tenggorokan. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah yang bisa mengencerkan dahak. Berikut adalah pengencer dahak alami:

1. Bawang

Bawang termasuk pengencer dahak alami karena dianggap dapat bekerja seperti ekspektoran di dalam tubuh. bumbu masakan ini sebenarnya mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang Anda untuk batuk dan mengeluarkan dahak.

Anda dapat menambahkan potongan bawang pada sup hangat Anda atau Anda bisa mencampurkan potongan bawang kecil ke dalam air lemon yang sudah ditambahkan gula.

2. Lobak

Lobak adalah jenis sayur yang dipercaya dapat membantu tenggorokan Anda bebas dari dahak yang menumpuk. Bahkan tidak hanya sampai di situ saja, lobak juga mampu membantu mengatasi radang tenggorokan, meningkatkan nafsu makan, serta membantu sembuhkan Anda dari flu dan batuk. Bahan makanan ini bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat dalam menyerang bakteri maupun virus yang menginfeksi.

Sampai saat ini belum ada dosis yang pasti dalam penggunaan lobak. Tetapi, menambahkan lobak ke dalam sup hangat Anda bisa jadi alternatif yang baik.

3. Madu

Tak hanya rasanya yang enak, madu dapat Anda andalkan untuk mengatasi dahak yang berlebihan di dalam tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang mengalami radang tenggorokan, madu ternyata berhasil mempercepat penyembuhan radang dan menghilangkan dahak.

Jika dahak sangat mengganggu, Anda dapat mencoba mencampurkan madu ke dalam teh tawar hangat Anda. Tetapi madu tidak boleh diberikan pada anak-anak di bawah umur 1 tahun untuk mengurangi risiko botulisme.

4. Jahe

Pengencer dahak alami ini tentu sangat untuk didapatkan. Selain menjadi bahan dasar dari berbagai masakan, jahe memang diandalkan juga sebagai obat alternatif yang ampuh mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti salah satunya perut kembung dan mual.

Jika Anda ingin menghilangkan dahak dengan menggunakan jahe, maka Anda dapat menambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat Anda. Tetapi, jahe tidak terlalu ampuh bagi Anda yang mengalami radang tenggorokan.

5. Daun mint

Rasa daun mint yang kuat bisa membuat tenggorokan Anda lebih lega, sebab daun ini mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak serta meluruhkan tumpukan dahak yang menebal. Jika Anda memiliki daun mint, Anda bisa memasukkannya ke dalam teh hangat Anda, agar dahak cepat menghilang.

Incoming search terms:

  • atasi dahak dengan kayu manis
  • dahak di tenggorokan
  • Gambar tumpukan dahak pada tubuh
  • herbal hpai untuk mengeluarkan dahak
  • iklan mengeluarkan dahak di tv
  • produk Hpai untuk mengeluarkan dahak

Related For Ternyata mudah mengencerkan dahak dengan Bahan Alami ini