InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Makanan Untuk Mata Sehat Alami

December 11, 2017 | Makanan Sehat
kesehatan mata anda. Mumpung masih muda, sebaiknya anda selalu memperhatikan kesehatan mata, cara muda untuk menjaga kesehatan mata yakni menjalani gaya hidup sehat, contohnya dengan mengkonsumsi masakan gizi seimbang. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A.

Ketika beraktivitas di luar ruang, lindungi mata dengan menggunakan kacamata. Dan dikala anda bekerja dengan komputer, pastikan layar monitornya sudah menggunakan beling filter untuk menangkal radiasi komputer. Istirahatkan mata sehabis bekerja 30 menit di depan komputer. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan tapi hindari cahaya yang menyilaukan, sebaiknya anda memandang pemandangan berwarna hijau untuk mengembalikan kesejukan mata.

Selain cara di atas, anda juga perlu mengkonsumsi beberapa jenis masakan sehat yang secara khusus memperlihatkan santunan kesehatan dan perawatan terhadap mata. Merikut ini beberapa jenis makanan untuk mata sehat alami;

1. Wortel dan Bebagai Jenis Ubi

Wortel dan ubi-ubian mengandung pro vitamin A karotenoid yang tinggi, betakaroten, dan vitamin yang paling efektif untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu mengobati mata kering dan aneka macam macam tanda-tanda iritasi mata lainnya.

Jenis sayuran ini juga sanggup membantu melindungi kornea di mata yang penting untuk penglihatan. Selain itu sayuran ini juga sanggup menjaga tulang untuk berpengaruh dan sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dalam wortel menciptakan membran pada permukaan mata dan kulit lebih kuat, sehingga mencegah nanah kuman dan virus.

2. Kacang-kacangan

Kenari dan almond sangat baik untuk mata. Mereka kaya akan vitamin E yang sanggup mencegah katarak.

3. Brokoli dan bayam (Sayuran berwarna hijau)

Sayuran hijau ternyata turut menyehatkan mata lho. Penelitian memperlihatkan bahwa lutein yang banyak terkandung dalam brokoli sanggup melindungi mata dari risiko degenerasi makula dan mencegah katarak. Sedangkan bayam mengandung zeaxanthin yang melindungi mata dari kerusakan akhir paparan sinar matahari dan mencegah terjadinya katarak.

4. Ikan salmon

Tingginya kandungan asam lemak omega 3 dalam salmon menjadikannya makanan sehat untuk mata. Lemak sehat ini memainkan peranan penting bagi kesehatan retina dan menurunkan risiko degenerasi makula.

5. Yogurt

Yogurt mempunyai kandungan seng yang tinggi. Seng dikenal sanggup melindungi mata dari imbas berbahaya sinar matahari. Karena terbuat dari susu, yogurt juga mengandung vitamin D yang merupakan anti-inflamasi yang melindungi ketajaman penglihatan.

6. Alpukat

Lutein merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mata. Dan coba tebak, alpukat mengandung jumlah lutein tertinggi, jika dibandingkan dengan semua buah-buahan lainnya.

7. Dark chocolate

Dark chocolate sangat kaya akan ekstrak kakao yang baik untuk kornea mata. Namun, hindari konsumsi produk cokelat yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis.

8. Bawang merah

Bawang merah kaya akan belerang, jenis mineral yang membantu menghasilkan zat kimia yang disebut glutathione yang bertugas untuk melindungi lensa mata.

9. Telur

Telur, terutama kuning telur, mengandung 2 nutrisi penting untuk mata, yakni sulfur dan sistein. Mereka hadir dalam telur dan menciptakan lensa mata tetap jernih.

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan mata yaitu;

  • Hindari menggosok-gosok mata secara agresif dan berlebihan.
  • Bekerja dan membacalah dengan cahaya penerangan yang cukup.
  • Jauhi asap rokok.
  • Bila mata memerah, mata kering dan lelah, gunakan obat tetes mata.
  • Kurangi jam nonton televisi. 

Selamat merawat mata indah anda 😉

Diolah dari aneka macam sumber.

Related For Makanan Untuk Mata Sehat Alami