InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Makanan pedas bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan

April 22, 2017 | Uncategorized

InfoSehatPedia.Com – Makanan pedas bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah cabai.

Kandungan capsaicin dalam cabai sangat efektif dalam menurunkan berat badan seperti dikutip Fox News. Tidak hanya bisa membuat badanmu terlihat langsing, capsaicin yang biasa ditemukan dalam jalapeños, habaneros, cayenne, dan jenis cabai lainnya bisa membantu kamu untuk mendapatkan hidup lebih sehat.

Apa saja manfaat cabai? Simak ulasan berikut!

1. Menurunkan Berat Badan

Capsaicin adalah zat termogenik yang bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat, membakar kalori dan bahkan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Kandungan capsaicin pada cabai juga dianggap bisa menurunkan nafsu makan seseorang sehingga kamu tidak akan mengonsumi banyak makanan. Sebuah studi yang dilakukan pada 2005 lalu menunjukkan bahwa capsaicin dapat mengurangi asupan kalori dan asupan lemak.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sampai saat ini, penyakit jantung tetap menjadi penyebab utama kematian di Amerika. Namun, jika kamu mengonsumsi makanan pedas maka dapat menurunkan risiko terkena penyakit ini.

Sebuah studi menunjukkan jika capsaicin dapat menurunkan LDL, kolesterol yang menumpuk di dinding arteri sehingga menyempitkan aliran darah ke jantung. Makanan pedas juga mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur gula darah. Penelitian ini diungkapkan saat pertemuan American Chemical Society pada 2012 lalu.

Untuk mendapatkan kesehatan jantung yang optimal, imbangi makanan pedas dengan makanan sehat lainnya. Hindari makanan berminyak yang dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Semua orang pasti tahu jika menjaga pola makan serta berolahraga secara teratur bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Namun, sering mengonsumsi makanan pedas juga dianggap mampu untuk menurunkan risiko tersebut.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2006 silam menunjukkan jika kandungan capsaicin dalam cabai bisa menghambat penyebaran sel kanker prostat. Makanan pedas juga dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Studi tersebut juga menunjukkan jika capsaicin bisa berfungsi sebagai dekongestan yang bisa melindungi tubuh dari iritasi dan polutan seperti debu dan asap.

4. Makan Lebih Teratur

Penelitian menunjukkan jika orang yang menyukai makanan pedas seringkali merasa lebih cepat kenyang dibandingkan dengan mereka yang tidak suka. Hal inilah yang menyebabkan mereka mengurangi kemungkinan makan berlebih. Penyebab hal ini terjadi karena rasa pedas dalam makanan akan memperlambat proses makan secara alami. Otak akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengembalikan nafsu makan seseorang.

Kamu akan merasa sepenuhnya sadar untuk tidak menjadi rakus saat melahap sebuah makanan. Pola makan kamu pun akan lebih teratur karena rasa kenyang yang kamu rasakan akan membuat kamu memilih makanan yang tepat serta mengurangi porsi makan kamu.

5. Memperpanjang Hidup Seseorang

Mengonsumsi makanan pedas dapat membantu memperpanjang hidup seseorang. Sebuah studi di Harvard University menunjukkan bahwa orang yang makan makanan pedas setiap hari memiliki risiko kematian lebih rendah dibandingkan dengan yang hanya makan makanan pedas seminggu sekali atau bahkan kurang.

Related For Makanan pedas bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan