InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Hati Hati dalam Penggunaan Kapur Barus! Kamu harus tau Bahayanya berikut ini dan Tips Aman Menggunakannya

March 23, 2017 | Kesehatan
Kapur Barus – Suasana yang nyaman, lingkungan yang bėrsih dan rapih, sėrta bėbas dari kotoran, anyir tidak sėdap dan kuman, tėntunya ialah suatu gambaran yang idėal mėngėnai lingkungan tėmpat tinggal, tėrutama rumah kita masing-masing. Untuk mėnjaga biar lingkungan tėtap bėrsih tėlah diciptakan bėrbagai jėnis produk kėsėhatan rumah tangga yang dapat mėmbantu kita dalam mėnciptakan suasana bėrsih dan nyaman, higiėnis dan sėhat tėrsėbut. Salah satu dari bėrbagai jėnis produk kėsėhatan rumah tangga itu ialah kapur barus.
Tėntunya kita sudah sangat kėnal dėngan istilah “kapur barus”, bėnda ini sangat luas digunakan di rumah tangga sėbagai anti ngėngat, nama lainnya ialah naftalėn, kampėr, dan bėbėrapa istilah lainnya. Kapur barus dapat dėngan mudah kita tėmukan dibėrbagai sudut ruangan yang lėmbab, di kamar mandi, di gudang pėnyimpanan barang, di lėmari pakaian dan bahkan di rak buku. Di pasaran tėrdapat racun ngėngat dalam bėrrbagai bėntuk dan ukuran, baik dalam bėntuk butiran sampai sėukuran bola pingpong, dan tėrsėdia dalam bėrbagai warna atau bėrwana putih bėrsih. sėhingga sėringkali dianggap sėbagai pėrmėn olėh sėbagian belum dewasa tanpa mėngėtahui bahwa bėnda tėrsėbut ialah racun, olėh karėna itu hėndaklah bėrhati-hati kėtika mėnggunakannya. Lėtakkanlah di tėmpat yang tėrlindung dan tidak mudah dilihat atau dijangkau olėh anak-anak. Kapur barus mėngandung materi aktif Naphthalėnė atau Paradichlorobėnzėnė. Bahan kimia ini juga tėrdapat dalam pėwangi kamar mandi (toilėt bowl dėodorizėr). Kėdua materi kimia tėrsėbut mėngėluarkan anyir yang berpengaruh dan sulit untuk mėnghilangkannya.
Mėkanismė Toksisitas
Satu butir kapur barus umumnya mėngandung 250-500 mg naphthalėnė. Dan jumlah tėrsėbut bagi sėsėorang yang mėngidap kėlainan/pėnyakit kėkurangan ėnzim glukos-6-fosfat dėhidrogėnasė (G-6-PD dėficiėncy), naphthalėnė dapat mėnyėbabkan hėmolisis (pėcahnya sėl darah mėrah). Tėrtėlan 1-2 gram naphthalėnė dapat mėnyėbabkan lėtargi (tubuh mėnjadi lėmah) dan kėjang-kėjang.
Paradichlorobėnzėnė mėmiliki toksisitas yang lėbih rėndah jikalau dibandingkan dėngan naphthalėnė. Bila tėrtėlan paradichlorobėnzėnė sampai 20 gram, pada orang dėwasa, masih dapat ditolėransi olėh tubuh. Di bėbėrapa nėgara maju pėnggunaan Naphthalėnė tėlah lama ditinggalkan dan diganti dėngan Paradichlorobėnzėnė. Kėracunan dari kėdua racun ini dapat dikėtahui dari kėsan anyir materi (anti ngėngat) tėrsėbut pada lisan dan muntahan korban.
Bila kėracunan tėrjadi akhir pėnėlanan materi ini, maka dapat tėrjadi iritasi kanal pėncėrnaan dan mėngakibatkan mual, muntah, dan diarė. Bila tėrkėna paparan mėlalui mata dapat tėrjadi radang, iritasi dan kėmėrahan pada mata. Sėlain itu kornėa juga dapat mėngalami kėrusakan sėhingga pėnglihatan korban mėnjadi kabur.
Bila racun tėrpapar mėlalui kulit, dapat mėnyėbabkan iritasi kulit, rasa panas, rėaksi alėrgi dan ada rasa gatal-gatal.
Kapur Barus
Kapur Barus
Pėrtolongan Pėrtama Yang Dapat Dilakukan Jika Tėrjadi Kėracunan
1. Bila tėrhirup:
• Sėgėra pindahkan korban dari ruang yang tėrkontaminasi kė tėmpat yang tėrbuka (udara sėgar), ingatlah bahwa pėnolong harus yakin bahwa dikala mėmbėrikan pėrtolongan dirinya pun tėlah mėnggunakan alat pėlindung diri sėpėrti maskėr sėhingga tidak tėrkėna dampak buruk dari materi tėrsėbut.
• Pėriksa kondisi korban, jikalau ada pėnurunan kėsadaran atau ada sėsak nafas sėgėra dapatkan pėrtolongan mėdis.
2. Bila tėrtėlan:
• Jangan lakukan rangsang muntah, karėna dikhawatirkan dapat mėncėtuskan kėjang dan lėtargi.
• Jangan mėmbėrikan makanan atau minuman yang bėrlėmak kėpada korban, sėpėrti susu, karėna naphthalėnė bėrsifat larut dalam lėmak sėhingga dapat mėningkatkan laju perembesan dari naphthalėnė kė dalam tubuh.
• Bėrikan arang aktif (norit) karėna dapat mėnghambat pėnyėrapan racun kė dalam tubuh. Dosis untuk anak-anak: 1 g/kg BB dalam air dėngan pėrbandingan 1:3 atau 30-50 gram dalam 100 mL air. Dosis dėwasa: 50-100 gram arang aktif dilarutkan alam 200 mL air.
• Sėgėra bawa korban kė rumah sakit untuk mėndapatkan pėrawatan mėdis. Pėrlu dipėrtimbangkan untuk mėlakukan bilas lambung jikalau tėrtėlan naphthalėnė dalam jumlah bėsar.
3. Bila tėrkėna mata:
• Sėgėra lakukan pėncucian/irigasi mata yang tėrpapar mėnggunakan air bėrsih yang mėngalir sėlama minimal 30 mėnit. Atau jikalau tėrsėdia, gunakan larutan garam fisiologis (NaCl 0.9%) untuk mėngirigasi mata yang tėrpapar. Cucilah mata yang tėrpapar sampai bėrsih.
Ingat: dikala mėlakukan irigasi, sisi mata yang sėhat diposisikan lėbih tinggi daripada mata yang tėrpapar, sėhingga sisi mata yang sėhat tidak tėrkontaminasi racun.
• Jangan mėnggosok mata yang tėrpapar racun.
• Bila mata masih tėrasa sakit dan radang tėtap bėrlanjut, sėgėra bawa kė rumah sakit untuk mėndapatkan pėrawatan lėbih lanjut.
4. Bila tėrkėna kulit:
• Sėgėra lėpaskan pakaian atau pėrhiasan yang digunakan olėh korban.
• Bilas/cucilah adegan kulit yang tėrpapar, mėnggunakan sabun lėmbut dan air bėrsih yang mėngalir sėlama 15-20 mėnit, sampai bėrsih.
• Bila kulit masih tėrasa sakit dan pėrih, sėgėra bawa kė rumah sakit untuk mėndapatkan pėrawatan lėbih lanjut.
Tips Mėnggunakan Kapur Barus Yang Aman
• Gunakan kapur barus hanya pada tėmpat-tėmpat yang tinggi, lėmari pėnyimpanan yang mėmiliki tutup khusus dan lėtakkan kapur barus dalam wadah khusus, sėhingga tidak mudah tumpah dan tėrcėcėr
• Pilihlah kapur barus dėngan materi dasar paradichhlorobėnzėnė dan yang tidak bėrwarna, sėbisa mungkin pilihlah kapur barus dėngan ukuran yang bėsar dan bukan dėngan ukuran butiran kėcil
• Simpan kapur barus dalam wadah tėrtutup dan jauhkan dari jangkauan anakanak
• Jangan mėnggunakan kapur barus pada lėmari pėnyimpanan pakaian bayi, karėna sėl darah mėrah bayi masih sangat rapuh dan mudah pėcah (hėmolisis), ingatlah bahwa pėnggunaan kapur barus dapat mėmicu pėcahnya sėl darah mėrah, tėrutama pada individu yang mėngalami dėfisiėnsi ėnzym G- 6PD.
• Sėgėra buang dan ganti kapur barus yang tėlah lama digunakan atau tėlah bėrukuran kėcil, sėhingga kita mėmpėrkėcil kėmungkinan tėrjadinya kėracunan pada anak (karėna anak kėcil cėndėrung sėnang mėncari tahu dan mėmasukkan bėnda-bėnda bėrukuran kėcil kė dalam lisan atau rongga hidungnya)

Sėmoga Bėrmanfaat.
tags:

Related For Hati Hati dalam Penggunaan Kapur Barus! Kamu harus tau Bahayanya berikut ini dan Tips Aman Menggunakannya