InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Empat cara untuk mempertahankan dan memperbaiki daya tahan tubuh

April 21, 2017 | Tips

InfosehatPedia – Sebuah pertanyaan singkat, apakah Anda sering sakit akhir akhir ini? dan seberapa sering? Dua kali, tiga kali atau bahkan lebih?. Flu yang tidak sembuh sembuh, batuk ringan, demam berkepanjangan , sangat mudah lelah, ini merupakan sinyal bahwa Anda mengalami gangguan pada sistem daya tahan tubuh Anda.

Kesehatan kita dipengaruhi oleh sistem imun atau daya tahan tubuh. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit, menghadang virus, jamur atau bakteri. Tapi bagaimana jika pertahanan tersebut melemah, tidak bekerja maksimal dalam menangkal serangan penyakit? Berikut lima sumber nutrisi baik yang disarankan oleh para ahli:

1. Buah merah kaya antioksidan

Buah asal Papua ini dapat membantu memulihkan kanker karena terdapat kandungan tokoferol dan betakaroten yang tinggi. Kedua senyawa kimia ini bekerjasama sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem imun. Sebagai antioksidan, kedua senyawa ini berperan mencegah dan menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Omega 3 yang terkandung di dalam juga bisa berfungsi memperbaiki jaringan sel yang rusak, sehingga sangat disarankan bagi penderita kanker payudara.

2. Jangan ragu konsumsi makanan mengandung flavonoid

Flavonoid merupakan sejenis zat yang terbentuk dari sejumlah asam amino dengan beberapa vitamin di dalam biji kedelai. Menurut Tatu Ratna Sari.,S.Farm., Apt., flavonoid telah banyak dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Kebaikan flavonoid bisa ditemukan pada kacang kedelai. Flavonoid dalam kedelai yang paling banyak adalah isoflavon yang merupakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat direkomendasikan untuk anak-anak.

3. Rutin konsumsi air kelapa

Ahli Gizi, Ariana Dewi, S.Gz., menguraikan, air kelapa muda mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin,riboflavin, niacin, folat, asampantotenat, kolin,danbetaine. Kandungan fitokimia berupa tannin dalam air kelapa dapat bersifat sebagai antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Jadwalkan makan sayur bayam dengan teratur

Bayam kaya vitamin E. Tapi bukan hanya itu saja. Menurut Putri Karimah, S.Farm., Apt., bayam memiliki kumpulan gizi yang sangat besar karena mengandung beta-karoten, folat, vitamin A, C dan K, serta mineral seperti tembaga, besi dan semua nutrisi penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh yang kuat.

 

Related For Empat cara untuk mempertahankan dan memperbaiki daya tahan tubuh