InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Cara Menciptakan Kolak Pisang Yang Khas Istimewa Untuk Keluarga

December 12, 2017 | Uncategorized

Kolak pisang merupakan salah satu sajian khas yang nikmat. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai mmenu kolak pisang sebagai salah satu sajian lokal mereka, tentu saja hal ini dikarenakan pisang merupakan salah satu buah yang sangat gampang di dapatkan, alasannya yaitu jenis buah ini sangat gampang tumbuh dalam aneka macam cuaca.

Pisang sendiri merupakan salah satu buah yang menjadi salah satu materi baku utama dalam menciptakan kue-kue khas. Di kalangan Bugis dan Makassar misalnya, aneka sajian khas kawasan banyak didominasi oleh sajian jajanan yang terbuat dari materi dasar pisang. Di kawasan lain juga sanggup kita dapatkan aneka macam cara menciptakan kolak pisang yang beragam, maka buatlah kolak pisang yang sesuai dengan selera anda.

Bagi anda yang ingin menyajikan sajian Istimewa yang khas dengan rasa yang nikmat, berikut ini yaitu cara menciptakan kolak pisang dilengkapi dengan beberapa tips bermanfaat. Menu kolak pisang ini cocok dinikmati bersama keluarga di sore hari. Selamat mencoba;

Tips Memilih Pisang untuk dibentuk Kolak

Santan:
Untuk rasa gurih manis sebaiknya pakai santan dari kelapa segar. Peras air santan sampai mendapat yang sedang kekentalannya. Pilih kelapa yang merah alasannya yaitu jikalau menggunakan kelapa hijau santan agak dekil warnanya.

Gula:
Gunakan gula aren atau gula Jawa yang higienis dan agak gelap warnanya semoga warna kolak menjadi karamel cantik. Sisir halus gula Jawa, masak bersama 20% gula putih (dari jumlah seluruh gula) dengan sedikit air sampai larut. Saring air gula ini semoga kolak bersih. Tambahan sedikit gula pasir akan menciptakan kolak lebih legit atau tidak asam.

Pandan:
Tambahkan beberapa helai daun pandan semoga aroma kolak lebih enak. Rebus santan, air gula kental dan daun pandan sampai mendidih dengan api kecil. Masukkan pisang, atau komplemen ubi dan buah atap. Rebus sampai pisang lunak.

Bahan Tambahan:
Agar kolak lezat dan padat isinya sanggup ditambahkan ubi, labu kuning dan buah atap dalam isiannya. Untuk menambah aroma sanggup ditambahkan nangka, tapi singkong atau kurma. Masukkan materi ini sesudah pisang lunak alasannya yaitu nangka, tapai dan kurma sudah matang. Didihkan sebentar kemudian angkat.

Selamat menikmati 😉

Related For Cara Menciptakan Kolak Pisang Yang Khas Istimewa Untuk Keluarga