InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Cara Menciptakan Bubur Asyura (Suro)

December 13, 2017 | Uncategorized

Pada tanggal 10 Muharram, biasanya umat Islam di tanah Jawa memperingati hari ini dengan mempersiapkan nasi bubur hangat dengan lauk pauknya. Yaitu Sambal Goreng Krecek (Kulit Sapi), Urap-urap Sayur, Sambal Goreng Tempe, Abon, Kacang Goreng, Kacang Kedele Hitam Goreng, Telur, Daging dll.

Bubur beras ini dimasak dengan santan dan dihidangkan panas-panas itu pula, memperlihatkan makna bagaimana cara mengkonsumsi bubur panas. Strategi melahap bubur panas memang ada, yaitu mengambilnya sedikit-sedikit dari pinggir secara memutar. Hal ini mencerminkan kehebatan Rasulullah dikala perang Khandaq. Beliau bergerak dari pinggir melaksanakan serangan-serangan dan menuju ke tengah. Dan atau ia menciptakan parit-parit (Khandaq) biar supaya parit ini menghalangi merekan untuk masuk.

Nah taktik yang sama kita lakukan dikala makan bubur Asyura. Orang Jawa sering mengumpamakan fenomena-fenomana menurut simbol. Hal ini disebabkan lantaran belum ada komunikasi tulis, yang ada ialah mengekspresikan lewat simbol-simbol ibarat ini. Inilah Bubur Asyura

Resep cara menciptakan Bubur Asyura


Bahan

  • Beras
  • Air
  • Santan

Bumbu

  • Garam

Cara membuat

  1. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan beras.
  2. Aduk terus air dan beras ini hingga menyusut airnya.
  3. Terakhir tambahkan santan dan garam.
  4. Hidangkan dengan lauk pauk ibarat disebutkan di atas.

Selamat menikmati dan selamat hari Asyura 🙂

tags:

Related For Cara Menciptakan Bubur Asyura (Suro)