InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Berbagai Jenis Teh Keuntungannya Bagi Kesehatan

December 12, 2017 | Informasi, Kesehatan

Teh merupakan salah satu minuman kesehatan yang banyak diminati, selain alasannya rasanya yang nikmat dan cocok dinikmati dalam banyak sekali suasana, menyerupai ketika bersantai bersama keluarga, menikmati suasana sore hari atau sobat ketika membaca, teh juga mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh.

Negeri Cina menjadi tempat lahirnya teh, disanalah pohon teh Cina (Camellia sinensis) ditemukan dan berasal. Tepatnya di provisnsi Yunnan, kepingan barat daya Cina. Iklim wilayah itu tropis dan sub-tropis, dimana tempat tersebut memang secara keseluruhan yakni hutan jaman purba. Daerah demikian, yang hangat dan lembab menjadi tempat yang sangat cocok bagi tumbuhan teh, bahkan ada teh liar yang berumur 2,700 tahun dan selebihnya tumbuhan teh yang ditanam yang mencapai usia 800 tahun ditemukan ditempat ini.

Oleh para mahir teh, banyak sekali jenis teh lalu dikembangkan sehingga teh yang awalnya berasal dari olahan daun teh, sekarang berasal dari buah-buahan, rempah atau tumbuhan obat lain yang diseduh. Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh kalau diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Jenis-jenis teh dan keuntungannya untuk kesehatan

1. Teh herbal

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan & Kecantikan.

3. Teh Merah Bunga Rosella

Teh merupakan salah satu minuman kesehatan Berbagai Jenis Teh  Manfaatnya Bagi Kesehatan
Teh bunga rosela lebih segar dengan es batu

Bunga rosella merah yang telah dikeringkan dan diseduh menjadi secangkir teh yang bercitara rasa sedikit asam ini bisa mengatasi batuk, asam urat, kolesterol, hipertensi, radikal bebas, dan penyegar (tonik). Selain itu, menurut penelitian ilmiah yang dilakukan ilmuwan Sudan, rosela merah juga berguna untuk menurunkan tekanan darah (hipotensif), antikejang kanal pernapasan, anticacing (antelmintik), dan antibakteri.

Teh bunga rosela juga baik untuk:

  • Baik untuk perokok alasannya sanggup mengurangi dampak negatif dari nikotin serta sanggup membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap NARKOBA.
  • Mengandung 18 asam amino dari 22 jenis yang diharapkan tubuh manusia, 2 diantaranya asam esensial (Agrinine dan Lysine) yang berfungsi memacu pertumbuhan syaraf dan hormon, berguna mempertahankan kekal muda.
  • Sangat baik bagi ibu hamil alasannya mengandung DHA dan OMEGA 3. Jika dikonsumsi menjelang melahirkan sanggup terhindar dari pendarahan dan Bagi bawah umur bermanfaat mempercepat pertumbuhan otak

5. Teh Hitam

Teh merupakan salah satu minuman kesehatan Berbagai Jenis Teh  Manfaatnya Bagi Kesehatan
Teh hitam, salah satu minuman penghilang stress

Penelitian yang dipublikasikan Journal of Psychopharmacology menawarkan bukti bahwa teh hitam efektif menurunkan kortisol, hormon stres. Kajian menemukan bahwa orang yang minum teh hitam akan terkurangi stresnya lebih cepat daripada mereka yang minum jenis teh lainnya.

Lebih jauh, partisipan mengalami penurunan tingkat kortisol dalam darah mereka sehabis stres berat. Kuncinya, mereka mengonsumsi teh hitam empat kali per hari selama enam minggu. Teh hitam juga bisa mengurangi risiko kanker.

6. Teh putih

Teh merupakan salah satu minuman kesehatan Berbagai Jenis Teh  Manfaatnya Bagi Kesehatan
Teh putih atau white tea, teh yang cukup sulit ditemukan dan harganya terbilang mahal

Teh putih kurang dikenal, tapi tak membuatnya kurang sehat. Teh putih, khususnya ekstrak teh putih terbukti bisa memperlambat pertumbuhan basil yang mengakibatkan bisul Staphylococcus, bisul Streptococcus, pneumonia, dan karies gigi, serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Menurut Milton Schiffenbauer PhD, profesor mikrobiologi dan biologi pada Pace University’s Dyson College of Arts & Sciences, menyampaikan bahwa, “Efek antivirus dan antibakteri dari beberapa merek pasta gigi yakni alasannya suplemen ekstrak teh putih”.

7. Teh Oolong

Teh merupakan salah satu minuman kesehatan Berbagai Jenis Teh  Manfaatnya Bagi Kesehatan
Teh oolong

Disebut sebagai teh semi fermentasi. Nama teh Oolong diambil dari sebuah nama laki-laki Cina yakni Wu Long atau Oolong. Pria ini menemukan teh oolong secara tidak sengaja ketika daun teh yang dipetiknya ditinggalkan demi mengejar seekor kijang. Ketika kembali, teh itu telah terfermentasi. Legenda lain menyebutkan bahwa oolong dalam bahasa Cina berarti naga hitam, alasannya daunnya menyerupai naga hitam kecil yang tiba-tiba terbangun ketika diseduh.

Seperti halnya teh yang lain, Teh oolong juga memiliki khasiat sehat yang sanggup membantu kinerja pencernaan, mengobati sakit kepala. Bahkan pada penelitian modern terhadap teh oolong menawarkan bahwa teh ini efektif mengontrol kadar kolesterol dan membantu menurunkan kadar gula.

Teh oolong terbukti bisa mendorong metabolisme tubuh, mengkremasi lemak, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan kulit. “Wanita yang minum teh oolong dua cangkir sehari meningkatkan metabolisme mereka sekira 157 persen melebihi perempuan yang minum teh hijau dalam jumlah yang sama,” kata Bailey menyerupai mengutip sebuah kajian yang dipublikasikan Journal of Medical Investigation.

8. Teh Genmaicha

Teh merupakan salah satu minuman kesehatan Berbagai Jenis Teh  Manfaatnya Bagi Kesehatan
Teh genmaicha

Teh genmaicha yakni teh yang beraroma harum dan sangat terkenal di Jepang. Teh ini di buat dari teh hijau yang bercampur butiran beras yang dipanggang sehinga menghasilkan aroma menyerupai nasi gosong yang gurih dan sedap ketika diseduh, aromanya hampir menyerupai dengan aroma popcorn sedangkan warna tehnya hijau pucat cenderung bening.Teh hijau asal negeri sakura ini paling baik diminum ketika siang hari.

Komposisi teh hijau dalam genmaicha kaya akan kandungan catechin/tannin (polifenol yang ampuh sebagai antioksidan). Catechin ini terekstrak paling optimal dalam air bersuhu 75-80 derajat C.

Berikut yakni manfaat catechin:

Teh merupakan salah satu minuman kesehatan Berbagai Jenis Teh  Manfaatnya Bagi Kesehatan
Sajian teh genmaicha
  1. Sebagai anti oksidan, menghilangkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh.
  2. Mengurangi kolesterol, menghambat pembentukan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  3. Mengurangi lemak, baik di sistem tubuh maupun sistem pencernaan. Catechin diketahui sanggup terserap pedoman darah sampai mencapai sel-sel hati serta meningkatkan metabolisme lemak.
  4. Sebagai anti basil dan mensterilkan, khususnya untuk kuman dan bakteri.
  5. Sebagai antivirus, berkumur dengan teh hijau Jepang terbukti bisa mencegah influenza dan demam umum, serta membantu memulihkan tanda-tanda influenza dan demam pada umumnya menyerupai tenggorokan gatal, batuk dan penyumbatan kanal napas.
  6. Mengurangi alergi, diakui catechin sanggup mengurangi tanda-tanda alergi menyerupai gatal dan bersin-bersin, sehingga sanggup mengurangi alergi (alergi serbuk sari yang ada di udara, alergi yang sudah terbentuk, dan dermatitis).
  7. Perawatan mulut, secangkir teh sehabis makan mencegah pertumbuhan kuman penyebab penyakit dan halitosis (bau mulut) alasannya catechin sebagai deodoran aktif dan juga mensterilkan.
  8. Mencegah cavities, catechin mencegah karang gigi makin meluas dengan menyeimbangkan enzim di area karang gigi. Dengan mengurangi asam-asam berbahaya di dalam verbal yang sanggup merusak lapisan gigi, catechin juga bekerja melindungi lapisan gigi.

Sedangkan kandungan gandum coklat pada genmaicha ini yakni gandum utuh yang belum dikupas, sehingga banyak nutrisi penting didalamnya yang belum hilang, menyerupai thiamine, niacin, fosfor, zat besi, selain kaya serat dan minyak2 yang dibutuhkan.

Gandum coklat juga mengandung sejumlah takaran vitamin B yang signifikan, yang sanggup membantu melindungi dari toksin. Tambahan gandum coklat yang dipanggang ini juga menciptakan kondisi tubuh lebih basa.

Related For Berbagai Jenis Teh Keuntungannya Bagi Kesehatan