InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Bau kencing Anda, mungkin mengandung salah satu penyakit ini

June 17, 2017 | Fakta

Apakah Anda menjadi jika bau kencing Anda sangat menyengat? Bisa menjadi hal berikut tandanya bahwa Ada mengalami suatu situasi atau masalah kesegaran tertentu. Tapi, memang bau kencing yang normal itu layaknya apa? apa yang berjalan jika bau kencing tidak normal?

 

Sebenarnya, bau kencing yang normal itu layaknya apa?

Wajar jika seluruh kencing punyai bau yang kurang sedap, gara-gara dalam air seni berikut terdapat beragam zat-zat buangan hasil metabolisme tubuh. Salah satu zat yang memicu kencing bau adalah takaran amonia. Namun, selayaknya dalam situasi yang normal, kencing tak akan mengeluarkan bau yang kuat. Bila kencing Anda punyai bau yang kuat, maka mampu menjadi Anda mengalami beberapa masalah medis, seperti:

1. Dehidrasi

Jika tiba-tiba kencing Anda mengeluarkan bau yang menyengat dan berwarna kuning pekat, itu tandanya Anda mengalami dehidrasi. Orang yang mengalami dehidrasi berarti tubuhnya sedang mengalami kekurangan cairan dalam kuantitas yang cukup besar. Hal ini pastinya mampu mengganggu manfaat tubuh.

Selain kencing yang bau dan punyai warna yang pekat, situasi dehidrasi juga mengakibatkan beberapa gejala lain layaknya tubuh menjadi lelah, mulut kering, kulit kering, sembelit, pusing dan kepala menjadi ‘keliyengan’. Apabila Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya segera minum air putih yang cukup dan segera periksakan diri ke fasilitas kesegaran terdekat.

2. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing mampu memicu kencing Anda berbau menyengat dan tak layaknya biasanya. Bau yang kurang enak ini mampu disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di dalam saluran supaya memicu Anda terinfeksi. Infeksi ini mampu berjalan terhadap uretra (saluran yang menghubungkan pada ginjal dan kandung kemih), kandung kemih, dan ginjal. Beberapa gejala lain yang keluar jika Anda mengalami infeksi ini yaitu nyeri pas buang air kecil, mengalami demam, mual, muntah, dan meriang.

3. Gangguan metabolik

Gangguan metabolik merupakan masalah tubuh yang berjalan saat proses metabolisme berlangsung. Proses metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi supaya mampu digunakan bersama dengan enteng oleh jaringan-jaringan tubuh. gejala lain yang berjalan pas mengalami masalah metabolik adalah penurunan berat badan yang ekstrim, tidak nafsu makan, mual, muntah, bahkan sampai koma.

4. Diabetes yang tak terkontrol

Kencing bau mampu menjadi tanda berasal dari diabetes yang tak terkontrol. Tak terkontrol di sini maksudnya adalah orang berikut tak mengendalikan bersama dengan baik takaran gula darahnya, supaya mengakibatkan komplikasi dan persoalan bagi tubuh. Ketika takaran gula darah sedang tinggi, bau kencing beralih menjadi berbau manis dan layaknya buah.

Beberapa situasi lain yang memicu kencing berbau menyengat

Selain masalah kesehatan, mampu menjadi bau yang menyengat berasal dari air seni Anda disebabkan oleh beberapa situasi fisik yang wajar, seperti:

Sedang era ovulasi. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa perempuan yang sedang memasuki era subur punyai bau kencing yang lebih menyengat. Hal ini disebabkan gara-gara hormon pengaruhi takaran amonia dalam urin, supaya urin menjadi lebih bau.
Sedang hamil. Tak cuma sekadar ovulasi saja, jika Anda sedang hamil, hormon kehamilan juga mampu pengaruhi bau kencing Anda, khususnya terhadap trimester pertama.
Sedang mengkonsumsi suplemen atau vitamin. Jangan panik pernah misalnya urin Anda beralih baunya, gara-gara mampu saja hal berikut diakibatkan gara-gara suplemen atau obat yang sedang Anda mengkonsumsi pas ini. Zat yang ada di dalam obat atau suplemen mampu pengaruhi bau kencing Anda.

Related For Bau kencing Anda, mungkin mengandung salah satu penyakit ini