Manfaat Pohon dan Buah Ciplukan


Ciplukan dikenal dengan nama latin Physalis angulata L. Tanaman yang sering dianggap tanaman liar dan gulma ini sering dijumpai tumbuh di perkebunan, tegalan, tepi jalan, semak-semak, dan hutan. Di Inggris nama buah ciplukan disebut morel berrys, sedangkan di setiap daerah di Indonesia ciplukan sendiri dikenal dengan nama yang berbeda-beda, ceplukan di Jawa, cecendet di Sunda, keceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa Ciplukan yang sering dianggap tanaman liar ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, diantaranya : 

Mengatasi tekanan Darah Tinggi
Akarnya direbus dengan air dua gelas kemudian direbus sampai mendidih dan tersisa air kira-kira satu gelas, kemudian diminum selagi hangat( suhu air kira2 hangat kuku) di waktu pagi dan sore.

Mengobati Ambeyen
Cabut pohonnya beserta akar dan buahnya lalu dicuci sampai bersih kemudian direbus dengan air 2 gelas usahakan sampai airnya berkurang jadi 1 gelas sampai hangat kuku, kemudian diminum secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore. 

Mengobati Stroke
Ambil setangkai pohon dan akarnya, kemudian potong potong terus dijemur sampai kering, setelah itu rebus dengan 3 liter air sampai tersisa 1 liter. kemudian diminum rutin sehari 2 kali pagi dan sore

Mengobati Diabetes 
Pohonnya sampai akar ciplukan terkenar juga mujarab untuk mengobati diabetes, aranya cabut pohonnya kemudian cuci sampai bersih sampai ke akar2 nya terus direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa kira-kira 1 gelas air rebusan. stetelah itu airnya diminum secara teratur 2 kali di pagi dan sore.

Post a Comment

0 Comments