Cara Ampuh Obati Wasir atau Ambeien


Illustrasi wasir gambar dari pixabay


Penyakit wasir atau ambeien merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi pada pemburuh darah di sekitar area anal, hal ini tentu saja bisa berakibat fatal pada sistem saraf tubuh yang terganggu karena terhalangnya suplai darah ke anus. Walaupun bukan termasuk kategori penyakit yang mematikan, namun tetap saja penyakit ini harus segera diobati agar tidak berdampak fatal di kemudian hari.

Banyak hal yang berkontribusi pada timbulnya penyakit ini, diantaranya adalah karena pola hidup yang tidak teratur seperti kurangnya gerak tubuh akibat kita duduk dalam waktu yang lama kemudian ditambah pula dengan kurangnya asupan makanan yangg mengandung serat tinggi dan kurangnya minum air putih saat posisi duduk dalam waktu lama. Selain itu ada juga faktor lain seperti saat buang air besar (BAB) dimana kita mengejan terlalu keras, terlalu banyak mengkonsusi makanan-makanan pedas dan berat badan yang berlebihan.

Gejala yang dirasakan bisa bermacam-macam seperti :
  • Keluar lendir bahkan darah saat buang air besar
  • Muncul benjolan di sekitar area dubur
  • Dubur terasa gatal bahkan panas
Untuk mengobati wasir yang sudah akut adalah dengan cara melakukan operasi untuk mengangkat benjolan di dubur, akan tetapi jika masih gejala dini wasir ini masih bisa diatasi dengan menggunakan ramuan tradisional atau herbal dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional yang sering kita olah sebagai makanan dan bahan masakan diantaranya :

1. Akar Kangkung
Bukan hanya daunnya saja yang enak dimakan dan bermanfaat, ternyata akar kangkung juga mempunyai khasiat sebaai obat alami untuk mengatasi ambeien. Caranya adalah dengan merebus akarnya dengan air sebanyak dua gelas. Air rebusan akar kangkung bisa anda minum setelah mendidih dan tersisa airnya sekitar satu gelas saja.

2. Daun Sirsak
Daun sirsak dipercaya bisa mengatasi ambeien karena mengandung senyawa anti bakteri. Untuk mengolahnya Anda siapkan sekitar lima helai daun sirsak kemudian rebus dengan air sebanyak dua gelas sampai masak sampai air rebusannya hanya tersisa sekitar satu gelas kemudian minum setiap di waktu malam dan pagi.

3. Bawang Putih
Bahan masakan yang satu ini diyakini banyak manfaatnya untuk kesehatan termasuk juga bisa mengatasi ambeien. Caranya adalah dengan mengoleskan bawang putih yang sudah ditumbuk sebanyak 2 siung ke sekitar area dubur.

4. Kulit Buah Manggis
Banyaknya kandungan anti racun dan anti oksidan pada kulit manggis sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti radang, diabetes bahkan kanker. Kult Manggis bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati ambeien dengan mengolahnya terlebih dahulu. Adapun caranya adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu kulit manggis yang sudah dikupas, setelah kering kulitnya direbus dengan air dua gelas hingga masak dan sampai tersisa satu gelas air rebusannya kemudian diminum setiap hari,

5. Lidah Buaya
Selain untuk kecantikan kulit, lidah buaya juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi penyakit ambeien yaitu dengan memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian kemudian dicuci sampai bersih dan diolah menjadi jus.

6. Daun Sirsak
Daun sirsak dapat juga mengobati ambeien dengan cara merebus daun sirsak sebanyak lima helai dengan dua gelas air, hingga menyisakan satu gelas air rebusannya dan lebih baik jika air rebusannya diminum setiap malam dan di pagi hari.

7. Asupan makanan berserat tinggi
Pengobatan penyakit wasir atau ambeien dapat pula dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan sebagainya. Makanan yang berserat tinggi dapat melunakkan feses sehingga meminimalisir juga pada resiko pendarahan akibat wasir.

8. Memperbanyak minum air putih
Selain untuk menghindari dari dehidrasi, memperbanyak air minum putih bisa juga mengatasi gejala wasir, tubuh yang mengalami kekurangan cairan bisa berdampak buruk pada gejala wasir karena dapat menmbulkan pendarahan saat buang air besar.

Post a Comment

0 Comments