Inilah Manfaat Besar Jahe Merah Bagi Kesehatan


Jahe adalah salah satu tanaman herbal paling terkenal di masyarakat. Sejak zaman kuno orang-orang telah menggunakan jahe baik sebagai bahan masakan maupun obat-obatan herbal. Bukan rahasia lagi bahwa jahe adalah obat rumah yang populer untuk sakit mual, perut, dan masalah kesehatan lainnya.
Orang-orang biasanya menggunakan jahe segar atau kering dalam masakan, dan tak sedikit pula yang mengolah jahe untuk dijadikan sebagai suplemen agar bisa diambil manfaatnya bagi kesehatan.
Jahe mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang  dapat membantu mencegah atau mengobati radang sendi, peradangan, dan berbagai jenis infeksi lainnya. Para peneliti juga telah mempelajari potensinya dalam mengurangi risiko diabetes, kanker, dan masalah kesehatan lainnya.
Jahe memiliki beberapa jenis dimana salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah adalah jenis jahe yang paling umum digunakan untuk obat herbal karena memiliki aroma tajam dan juga mengandung minyak esensial lebih banyak dibandingkan dengan jahe biasa. 
Selain minyak esensial, manfaat kesehatan dari jahe merah juga mengandung beberapa senyawa aktif seperti di bawah ini:
  • Gingerol
  • Zingerone
  • Shogaol
  • Dammar oil
  • Starch
  • Organic Acid
  • Malic acid
  • Acidic acid
  • Gingerin
  • Zingerberin
  • Kamfena
  • Lemoine
  • Zingiberin
  • Zingiberal
  • Gingeral

Karena mengandung banyak senyawa aktif, maka jangan heran jika jahe merah memiliki begitu banyak manfaat. Berikut ini  10 (sepuluh) manfaat jahe merah untuk kesehatan:

1. Untuk menurunkan berat badan
Jahe merah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan seseorang karena efek hangat yang ditimbulkan oleh jahe. Tidak hanya itu, jahe juga mengandung kalori yang sedikit sehingga tidak menyebabkan penambahan berat badan.

2. Membuat jantung tetap sehat
Jahe merah juga bisa membuat jantung menjadi sehat karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida dalam tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa tingkat kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat membahayakan terhadap kesehatan jantung.

3. Mengatasi mabuk perjalanan
Jahe merah memiliki sifat anti mual. Karena itu, rempah yang satu ini dipercaya dapat mengatasi mual saat bepergian jauh. Selain itu, rasa hangat yang ditimbulkan oleh jahe bisa membuat perut menjadi lebih nyaman dan tidak mudah masuk angin.

4. Untuk masalah pencernaan
Kandungan kimia yang berlimpah dalam jahe merah juga berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan. Karena itu, orang-orang pada jaman dulu selalu menggunakan jahe merah apabila menemukan masalah dengan pencernaan mereka.

5. Meredakan mual di pagi hari
Morning sickness sering dialami oleh wanita hamil yang masih dalam trimester pertama. Ini sangat masuk akal karena perubahan hormon dalam tubuh. Meskipun itu adalah masalah umum yang biasa terjadi pada ibu hamil, namun tetap saja membuat wanita hamil merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, disarankan mengonsumsi minuman yang terbuat dari jahe segar.

6. Mencegah kanker usus
Jahe merah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika membuktikan, bahwa seseorang yang rajin mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari jahe dapat terhindar dari kanker usus besar.

7. Obat sakit kepala
Rasa khas jahe merah dan efek hangat yang dihasilkannya dapat membuat seseorang lebih rileks dan nyaman. Itu sebabnya jahe merah sering digunakan sebagai obat sakit kepala alami.

8. Mengobati alergi
Jahe biasa digunakan juga untuk menyembuhkan rasa gatal di kulit. Caranya adalah dengan menempelkan jahe ke kulit yang gatal secara teratur sampai rasa gatalnya hilang.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan yang kuat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari jahe merah.

10. Meredakan sakit tenggorokan
Jahe menghasilkan efek hangat sehingga bisa meredakan sakit tenggorokan. Sangat cocok untuk mereka yang menderita sakit tenggorokan atau batuk yang membuat tenggorokan menjadi gatal.
Manfaat jahe merah bagi kesehatan memang memberikan banyak efek positif bagi tubuh manusia. Namun, sebelum penyakit datang disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga yang cukup. Agar tubuh menjadi lebih sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Apakah jahe merah bisa meredakan pilek atau flu?
Banyak orang menggunakan jahe untuk membantu memulihkan diri dari pilek atau flu. Namun, bukti yang mendukung obat ini sebagian besar merupakan bukti anekdotal atau bukti yang dikumpulkan secara santai atau informal dan sangat bergantung atau sepenuhnya pada kesaksian pribadi.
Pada 2013, para peneliti mempelajari efek jahe segar dan kering pada satu virus pernapasan dalam sel manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe segar dapat membantu melindungi sistem pernapasan, sedangkan jahe kering tidak memiliki dampak yang sama.  Pada tahun 2013 juga, sebuah penelitian kecil dilakukan untuk menyelidiki popularitas jahe sebagai obat herbal pada pengobatan flu atau pilek.


Post a Comment

0 Comments