Apa itu Pandemi??

Sebuah pandemi adalah penyebaran di seluruh dunia dari penyakit baru, dimana kebanyakan orang tidak kebal terhadap penyakit baru ini bahkan dapat menyebar cepat di luar dugaan.

Pandemi influenza terjadi ketika wabah virus influenza baru muncul dan menyebar di seluruh dunia, dan kebanyakan orang tidak memiliki kekebalan tubuh sebagai penangkalnya. Virus yang menyebabkan masa pandemi biasanya berasal dari virus influenza hewan.

Beberapa aspek pandemi influenza dapat muncul mirip dengan influenza musiman, sementara karakteristik yang lain mungkin sangat berbeda. Sebagai contoh, kedua influenza musiman dan pandemi dapat menyebabkan infeksi pada semua kelompok umur, dan kebanyakan kasus akan menghasilkan penyakit yang terbatas dengan sendirinya, di mana seseorang dapat pulih sepenuhnya tanpa pengobatan. Namun, yang paling khas adalah influenza musiman justru menyebabkan sebagian besar kematian di antara orang tua, sementara kasus yang parah lainnya terjadi paling umum pada orang dengan berbagai kondisi medis lainnya.

Sebaliknya, pandemi H1N1 ini menyebabkan sebagian besar penyakit parah atau fatal pada orang muda, baik yang dengan kondisi kronis serta orang sehat, dan menyebabkan lebih banyak kasus pneumonia virus dari biasanya yang terlihat pada influenza musiman.

Untuk kedua influenza musiman dan pandemi, jumlah orang yang terkena sakit parah dapat bervariasi. Namun, dampak atau keparahan cenderung lebih tinggi di pandemi sebagian karena jumlah orang yang kekurangan kekebalan yang mudah terserang virus baru lebih besar dari populasi. Hal ini bisa disimpulkan bahwaketika sebagian besar penduduk terinfeksi daripada yang tidak terinfeksi.

Pandemi influenza adalah wabah global. Pandemi influenza terjadi ketika virus influenza baru muncul dimana saat itu kondisi manusia memiliki sedikit atau bahkan tidak ada kekebalan, yang memungkinkan virus untuk menyebar dengan mudah dari orang ke orang di seluruh dunia.
Tiga pandemi influenza terjadi pada abad ke-20: periode tahun 1918-1919 "flu Spanyol," periode tahun 1957-1958 "flu Asia," dan 1968-1969 pandemi atau "flu Hong Kong." 
Pada tahun 2009, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah menyatakan pandemi global flu H1N1. Tindakan ini adalah gambaran dari tingkat penyebaran virus H1N1 baru, bukan tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Terkait dengan wabah virus corona atau COVID-19 yang sedang melanda dunia saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan coronavirus memiliki "potensi pandemi" tapi bukan merupakan belum pandemi, namun beberapa ahli tidak setuju dan beberapa ahli bahkan mengatakan pandemi mungkin sudah berlangsung. Beberapa ahli menjelaskan, istlah pandemi tidak menggambarkan tingkat keparahan penyakit tersebut, akan tetapi dengan melihat tingkat jangkauan geografis dari wabah yang sedang melanda. Transisi dari epidemi lokal menjadi pandemi global, menurut WHO, "dapat terjadi dengan cepat atau secara bertahap seperti yang ditunjukkan oleh penilaian risiko global, terutama berdasarkan data virologi, epidemiologis dan klinis. 

Post a Comment

0 Comments