Akhirnya WhatsApp Resmi Meluncurkan Mode Gelap dalam Aplikasinya


Setelah berbulan-bulan ditunggu oleh penggunanya di seluruh dunia, akhirnya secara resmi WhatsApp meluncurkan Mode Gelap atau Dark Mode pada aplikasinya. Pasti masih banyak yang penasaran, sebenarnya untuk apa sebuah aplikasi ponsel harus menggunakan fitur mode gelap? Apa keuntungannya bagi pengguna aplikasi itu sendiri?
Seperti juga namanya, mode gelap atau dark mode ini memang dirancang khusus untuk mengubah warna latar belakang jendela aplikasi menjadi warna gelap, sehingga efek yang ditimbulkan yaitu agar mata pengguna bisa lebih nyaman sehingga tidak cepat lelah terutama saat menggunakan ponsel pada malam hari.

Dalam sebuah blog yang mengumumkan pembaruan, WhatsApp menjelaskan “bahwa mode gelap dalam WhatsApp menawarkan tampilan baru pada pengalaman yang lebih ramah guna dan lebih akrab. Dimana mode gelap ini dirancang khusus untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan cahaya rendah dan kami berharap ini dapat membantu mengurangi kecanggungan anda saat di ruangan gelap ketika ponsel yang digunakan oleh Anda menerangi ruangan ”. Mode Gelap WhatsApp memang dikembangkan secara khusus dengan fokus pada dua aspek utama yaitu keterbacaan dan hirarki informasi.

Mode gelap yang diluncurkan hadir dengan berbagai nuansa baik untuk ponsel Android maupun iOS. Pada iOS 13 tampilannya adalah gelap murni, sedangkan pada Android 10 memiliki warna abu-abu gelap. Halaman Facebook WhatsApp mencatat bahwa mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk melakukan penelitian dan uji coba mode gelap ini yaitu dengan mengarahkan fokusnya pada dua bidang utama yaitu keterbacaan dalam mode gelap dan hierarki informasi. Untuk hal keterbacaan, pada dasarnya adalah untuk memastikan bahwa konten benar-benar dapat dibaca sehingga ada kesesuaian antara tema aplikasi dengan default sistem yang ada di Android maupun  iOS, sedangkan untuk Hierarki informasi sebagian besar lebih memperhatikan terhadap pemakaian elemen-elemen dalam aplikasi yang memiliki warna berbeda namun tetap menonjolkan aspek manfaat informasi.

Jika Anda menggunakan perangkat smartphone dengan Android 10 atau iOS 13, mode gelap WhatsApp dapat diterapkan secara otomatis sesuai pengaturan sistem. Hal ini berarti jika Anda telah menetapkan tema gelap pada perangkat Anda tersebut, sehingga WhatsApp akan menanggapi hal itu secara otomatis dan mode gelap dapat langsung diterapkan. Sedangkan bagi Anda pengguna Android 9 atau sebelumnya, berikut ini adalah cara mengaktifkan mode gelap WhatsApps :
  1. Setelah memperbarui WhatsApp ke versi yang terbaru, selanjutnya buka aplikasi
  2. Buka Pengaturan, diikuti ketukan pada Obrolan
  3. Kemudian, Anda akan melihat opsi Tema di sini, lalu ketuk
  4. Pilih Gelap dari menu dan ketuk OK
  5. Selesai, Anda telah berhasil mengatur tema gelap pada ponsel Anda.


Post a Comment

0 Comments