5 Minuman ini Bisa Menjaga Ginjal Tetap Bersih


Ginjal adalah organ tubuh penyaring racun membutuhkan dukungan Anda agar selalu menjaganya dengan baik. Mengurangi kadar racun dalam tubuh adalah fungsi utama dari ginjal itu sendiri, oleh karena itu Anda tidak harus mengkonsumsi obat anti racun atau suplemen khusus untuk ginjal setiap hari. Anda hanya perlu memastikan bahwa kebutuhan air tubuh anda tetap terpenuhi.

Berikut ini adalah lima minuman terbaik untuk menjaga ginjal Anda bersih. Mulailah dari sekarang untuk melakukan pola minum yang teratur dan berkualitas agar ginjal anda melakukan lebih dari sekedar menyaring kotoran dan racun dalam tubuh, karena Ginjal juga membantu menjaga tekanan darah yang sehat, menjaga tulang tetap kuat dengan memproduksi vitamin D, membuat sel darah merah, dan menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh. 

1. Anggur
Tidak main-main, minum anggur dalam jumlah sedang telah terbukti menurunkan risiko penyakit ginjal sekitar 37%. Di antara orang-orang yang sudah memiliki penyakit ginjal, mereka yang minum kurang dari satu gelas anggur per hari adalah 29% lebih kecil kemungkinannya untuk menyertai penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung merupakan berbagai kondisi dimana terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung
Sebaiknya mengkonsumsi anggur dengan tidak berlebihan karena jika minum anggur  berlebihan justru  akan melakukan kebalikan dari apa yang diharapkan. Tidak hanya efek dehidrasi, minum anggur secara berlebihan juga memiliki efek buruk pada fungsi ginjal dan dapat meningkatkan tekanan darah.
Minumlah hanya sedikit paling banyak satu gelas sehari atau kurang untuk merasakan  manfaatnya tanpa merusak ginjal Anda. Berdasarkan penelitian, tampaknya tidak ada perbedaan antara anggur merah dan putih, meskipun anggur merah memang mengandung senyawa resveratrol, yaitu suatu senyawa  yang dianggap dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Jus Kranberi
Jus kranberi dipercaya bisa mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih, hal ini dikarenakan kranberi memiliki senyawa yang mampu menghentikan bakteri Escherichia coli (E. Coli) yang berkeliaran di saluran kemih. Bakteri E. coli adalah jenis bakteri yang selalu menyebabkan antara 80-90% semua ISK (infeksi Saluran kemih) yang didiagnosis.

Jus kranberi  juga baik untuk ginjal karena ginjal merupakan bagian dari saluran kemih itu sendiri. ISK yang tidak diobati dengan segera dapat berpindah dari kandung kemih ke ginjal dan menyebabkan infeksi serius yang disebut pielonefritis. Pielonefritis adalah infeksi pada ginjal yang disebabkan oleh bateri atau virus, sehingga apabila tidak segera diobati dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan penyakit serius yang mengancam jiwa. Hindari hal ini dengan mengkonsumsi kranberi setiap hari. Walau anda  tidak harus meminumnya, kranberi yang dikonsumsi secara kering atau utuh juga bermafaat bagi tubuh.

3. Teh jahe
Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan holistik untuk semua jenis metode pengobatan karena jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol, dimana senyawa gingerol dipercaya dapat menghambat penyebaran bakteri sehingga mengurangi ketegangan pada ginjal dan hati yang terlalu banyak bekerja.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe juga dapat membantu mengendalikan gula darah tinggi kronis yang sangat merusak ginjal. Pada orang sehat, minum teh jahe dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Pada orang dengan diagnosis diabetes, itu dapat melindungi terhadap komplikasi terkait ginjal.
Gingerol juga sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan bahkan mengurangi peradangan dan rasa sakit di seluruh tubuh. Banyak alasan kuat untuk menikmati teh jahe setiap hari, bisa menggunakan  jahe dalam memasak bahkan jahe bisa dikonsumsi dalam kondisi segar maupun kering.

4. Jus Lemon dan Jeruk Nipis
Jeruk sangat kaya akan sitrat yang dikenal dapat membantu mencegah batu ginjal. Kondisi batu ginjal sangatlah menyakitkan, umumnya terjadi ketika kalsium saling berikatran dengan mineral lain dan membentuk kristal. Kemudian Kristal-kristal ini akhirnya mengumpul dan membentuk batu yang harus melewati saluran kemih dalam proses yang menyakitkan.
Dengan mendapatkan lebih banyak sitrat dalam jus lemon atau  jeruk nipis dapat menghentikan kalsium dari proses pengikatan dengan mineral-mineral lain ini, serta menjaga kristal apa pun yang sudah ada di ginjal Anda agar tidak saling menempel membentuk batu.
Pastikan bahwa  Anda tidak minum jus lemon atau jeruk nipis dengan tambahan gula yang banyak. Cukup tambahkan sedikit gula untuk mengurangi rasa asam saja. Anda juga bisa membuat minuman lemon atau jeruk nipis sendiri dengan menambahkan sebanyak mungkin jus jeruk murni ke segelas air atau mungkin menambahkan beberapa lemon ke teh jahe Anda.

5. Air
Tidak mengherankan minum air putih yang baik adalah yang terbaik untuk ginjal. Ketika kebutuhan tubuh terhadap  air terpenuhi  dengan baik, maka kerja ginjal akan lebih mudah melakukan permbersihan racun dan kotoran. Saat mengalami dehidrasi, ginjal harus menyalurkan racun yang lebih banyak dan dapat mengeluarkan air dari organ Anda yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.
Dengan minum air yang banyak juga berarti ada cukup cairan untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Karena semakin sedikit urin yang dihasilkan, maka semakin lama racun dan mineral pembentuk batu bersarang di ginjal dan saluran kemih.
Asupan air juga perlu disesuaikan dengan tingkat aktivitas Anda, seberapa banyakkah Anda berkeringat saat beraktifitas. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan urin yang kuning muda atau jernih, karena apabaila air urin terlihat pekat atau kuning kehitam-hitaman itu artinya kondisi ginjal banyak mengalami tekanan.

Ingatlah karena ginjal terus menerus berurusan dengan racun dan kotoran tubuh, jika mengabaikan rasa sakit ginjal justru akan mudah menyebabkan tibulnya infeksi berbahaya. Cara terbaik untuk menjaga ginjal tetap bersih dan berfungsi dengan baik adalah jagalah kondisi tubuh agar tetap terhidrasi dan air putih adalah hal yang paling dibutuhkan ginjal, namun alangkah baiknya dengan mengonsumsi minuman lain dalam daftar tersebut diatas dipercaya mampu meningkatkan manfaat yang lebih menyenangkan bagi ginjal.
Jangan sembarangan coba-coba dengan minum minuman jus yang sedang nge-trend, karena ginjal tidak membutuhkan hal itu,  buatlah jus yang berkadar gula rendah bersama makanan sehat yang biasa dikonsumsi setiap hari.

Post a Comment

0 Comments