Tips Trik Mancing di Rakit Jatiluhur Cirata Saguling Jatigede

Memancing ikan di atas rakit memang berbeda dengan mancing di tepi sungai, danau atau menggunakan perahu di laut baik dari segi teknis maupin non teknis. Hal ini karena mancing di atas rakit cenderung statis atau menetap hingga waktu tertentu di suatu titik spot yang kita gunakan, namun mancing diatas rakit bagi sebagian pemancing dianggai memiliki keasyikan dan sensasi yang khas. 
Bagi anda yang pertama kali dan ingin merasakan bagaimana asyiknya mancing di rakit tentunya banyak yang perlu kita siapkan terutama saat mancing di rakit danau Jatiluhur, Cirata, Saguling maupun Jatigede, diantaranya adalah :

  1. Lakukan kontak sebelum hari H kita berangkat mancing dengan pengusaha rakit atau sopir perahu untuk konfirmasi jadwal dan ketersediaan rakit termasuk juga jadwal pulang. Jangan sampai ketika kita sampai lokasi rakit sudah penuh dan sopir perahu yang mengantar kita sedang tidak ada di tempat,
  2. Mempersiapkan alat-alat pancing yang cukup seperti joran, kail, tali senar,, jangan sampai ketika mancing kita kehabisan alat pancing seperti kail yang habis karena sering kekait pada batu atau benda-benda dibawah air sehingga bisa mengakibatkan senar pancing putus atau joran rusak.
  3. Membawa umpan sesuai dengan keperluan waktu mancing. Perlu diingat bahwa mancing diatas rakit bisa membuat kita berada di tempat-tempat terpencil yang jauh dari pemukiman atau tepian danau, dan apabila kehabisan umpan saat banyak serangan ikan maka dijamin kita bukannya terhibur malah menambah stress dan kebingungan.
  4. Memancing diatas rakit tidak cukup dengan bekal uang saja, bawa makanan dan air yang memadai, dikarenakan tidak semua tempat rakit mancing kita dilalui oleh pedagang perahu setiap saat dan tidak semua pengusaha rakit menyediakan pula jasa pesan antar makanan dan minuman sehingga jangan sampai kita menderita karena kekurangan makanan dan minuman saat mancing. Jika dirasa perlu akan lebih baik membawa peralatan masak yang praktis seperti kompor portabel dan bahan masakan yang mudah matang atau cepat saji.
  5. Selalu membawa peralatan P3K dan Obat-obatan, terutama bagi anda yang mengidap penyakit khusus tertentu seperti asma, hipertensi,migran, asam lambung, batuk dan penyakit lainnya yang sering kambuh.
  6. Membawa alat dan battere penerangan untuk penggunaan di malam hari seperti lampu emergensi atau lilin karena hampir semua rakit tidak menyediakan penerangan listrik, kecuali untuk rakit-rakit yang mudah dijangkau atau dekat dengan sumber listrik.
  7. Gunakan jaket tebal, penutup kepala/ciput di malam hari, membawa pakaian ganti, selimut, sarung, dan kaus kaki untuk menutup bagian kaki yang mudah terserang hawa dingin. 
  8. Pasang kain/terpal untuk menutup bagian-bagian rakit yang terbuka. Hal ini menjaga kita dari sengatan panas langsung matahari, hembusan angin, hujan deras atau binatang-binatang liar yang masuk ke rakit, walaupun tidak menjamin aman seratus persen namun setidaknya demi kenyamanan kita mancing selama di atas rakit.
  9. Tetap siaga menyalakan alat komunikasi seperti handphone atau handy talky sebagai antisipasi jika mengalami kondisi darurat atau emergensi dan siapkan battere pengisi daya seperti powerbank atau accu kendaraan. Catatn penting jika terjadi hujan yang disertai petir sangat disarankan agar menon-aktifkan/memadamkan alat komunikasi tersebut dan tidak melakukan kontak komunikasi telpon.
  10. Carilah rakit yang disediakan jembatan penyebrangan ke tepian atau daratan. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik bila terjadi hal yang diluar dugaan dan kemampuan kita yang disebabkan faktor cuaca ekstrim seperti angin kencang atau badai, kita bisa secepat mungkin ke daratan untuk mencari tempat yang aman.
Berdasarkan pengalaman sebagai pemancing yang notaben sering mancing diatas rakit, tips dan trik tersebut bersifat situasional dan tergantung pada hasil pengamatan kita masing-masing di lapangan dengan tetap memperhatikan segala kondisi dan resiko yang mungkin diluar dugaan. Namun safety dan kenyamanan tetap harus menjadi prioritas yang utama, ingat keluarga kita tetap menantikan kepulangan kita dengan selamat dan mengharapkan kita membawa ikan hasil mancing yang banyak 🐟 sebagai bukti bahwa kita benar-benar mancing😊.

Post a Comment

2 Comments

  1. permisi,

    maaf tidak ada contact page / mail, jadi tulis dikomentar.

    apakah disini terima gues post?

    regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk contact page ada di halaman beranda kawan, silahkan ikuti tautan ini https://edukasibudayalingkungan.blogspot.com/p/contact-me.html

      Delete