MENINGKATKAN SDM UMKM MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI

Jaman semakin maju oleh perkembangan dunia digital, teknologi memegang pengaruh yang sangat penting. Dewasa ini dunia sedang menghadapi jaman teknologi yang biasa disebut revolusi industri 4.0. Kondisi ini ditandai langsung dari pemakaian mesin digital dan internet, dua hal itu membawa perubahan yang cepat dan signifikan terhadap semua sektor kehidupan. Manfaatnya bisa lebih memudahkan manusia dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan.

Dengan alasan semua bisa dilakukan menjadi mudah, pola hidup dan kehidupan masyarkat pun ikut berubah. Berubah dalam gaya hidup, pekerjaan, maupun dalam segi hubungan sosial. Industri 4.0 bisa digambarkan sebagai otomatisasi dalam pekerjaan-pekerjaan manusia yang dibantu secara langsung dengan teknologi. Dengan begitu, segala pekerjaan apapun bisa dikerjakan lebih efektif dan efisien.

Selain itu informasi juga berpengaruh penting terhadap dunia yang semakin canggih. Informasi pun  akan semakin bermanfaat, buat orang yang menguasai informasi akan mempunyai peluang lebih besar di segala bidang dibandingkan dengan orang yang tidak mampu memanfaatkannya.

Salahsatu solusi untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui teknologi infromasi adalah dengan pembangunan kerjasama antara Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dengan stake holder terkait seperti dengan Lembaga Pendidikan Tinggi, Lembaga Perbankan baik Bank maupun non Bank, Dinas-dinas Pemerintah terkait maupun dengan Dirjen Pajak, baik dengan memberikan pelatihan, pembinaan, kerjasama dalam bentuk nota kesepahaman maupun pemberian fasilitas kredit jangka panjang. Pelaku UMKM harus didukung agar bisa lebih siap dalam mengahadapi persaingan jaman globalisasi dengan terus mengembangkan ilmu dan wawasannya di bidang teknologi dan informasi.


Post a Comment

0 Comments