MANCING ALAM BEBAS

Semua orang pasti mempunyai minat dan hobi yang berbeda, dan salah satu hobi yang paling populer sebagai bahasa universal adalah mancing ikan, mulai dari mancing ikan di danau, laut, sungai, kolam pemancingan bahkan di tempat-tempat tertentu yang mempunyai spot potensial untuk memancing.
Pertanyaannya yang sering terlontar dari mereka yang masih awam tentang hobi ini adalah kenapa harus hobi memancing.

Berikut ini 5 (lima) alasan kuat para pemancing jika dilontarkan kenapa
harus hobi mancing:
1. Memancing adalah suatu gambaran metafor tentang minat dan olahraga yang luas serta universal dimana tidak semua orang selalu bisa menjelaskannya secara gamblang. Dengan memancing kita bisa belajar untuk mencari cara mengajar kepada anak-anak kita tentang kehidupan, membangkitkan minat dan hasrat kepada anak-anak untuk mencoba sebuah tantangan dan petualangan.
2. Belajar untuk merelakan pakaian dan tangan kita kotor. Ikan yang menjadi target bahkan bisa menjadi petarung ganas yang menuntut kepada kita untuk mendapatkannya dengan selamat di atas kapal, rakit, atau daratan. Hal ini tentu tidak mungkin bisa membuat tangan maupun pakaian kita benar-benar terjaga dari kebersihan. Faktor lainnya adalah faktor alam yang tidak selalu bersahabat dengan kita saat memancing, hal ini yang menuntut kita untuk tetap waspada dan berhati-hati karena keselamatan adalah yang utama.
3. Kita tidak pernah tahu apa yang bisa kita tangkap. Hidup ini seperti sungai yang penuh ikan, kita tidak pernah bisa memprediksi secara tepat apa yang kita dapatkan dan berakhir di tangan kita. Meskipun kita berharap bisa mendapatkan ikan besar, namun bisa saja sepanjang hari bahkan berhari-hari memancing hanya ikan-ikan kecil yang kita dapatkan, malah tidak menutup kemungkinan kita tidak bisa mendapat satu ekorpun.

4. Belajar sabar dan ulet. Tidak semua orang mempunyai persepsi yang sama tentang memancing, padahal aktifitas hobi ini nyata mengajarkan kita untuk belajar menjadi seorang yang ulet, kerja keras, tangguh, dan sabar saat ingin mencapai suatu keberhasilan. Ikan tidak akan mudah datang sendirinya, kita harus kerja keras agar bisa mendatangkan mereka ke spot yang menjadi target kita.
5. Hobi universal yang dapat menambah, mempererat persahabatan dan silaturahmi. Dalam memancing tidak semuanya tentang kompetisi, olahraga dan hobi, disini kita harus bisa berbagi tempat, berbagi pengalaman, ilmu dan menjunjung tinggi nilai sebuah persahabatan menjadi persaudaraan yang lebih erat untuk silaturahmi antar pemancing, baik secara personal, kelompok maupun organisasi-organisasi mancing.
Memancing ikan, sebuah gambaran yang sempurna tentang kehidupan dimana semua tantangan dan petualangan menuju kemenangan atau keberhasilan yang tidak akan terhitung jumlahnya, jangan mudah menyerah, jangan gampang kapok, terus belajar dari setiap kegagalan.



Post a Comment

0 Comments