BANDUL WANGI PENGUMPUL IKAN

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi kembali informasi dan pengalaman untuk mengumpulkan ikan pada spot yang menjadi target kita. Berbicara mengenai teknit dan kiat mengumpulkan ikan, semua pemancing pasti mempunyai teknik dan cara yang berbeda-beda. Ada yang biasa membandul sebelum memasang joran, ada pula pemancing yang membandul sesudah memasang joran sambil melihat reaksi tanda-tanda apakah spot target terdapat ikannya atau tidak?, namun ada pula yang tak henti-hentinya sepanjang waktu mancing membandul terus menerus dengan harapan semakin banyak bandul yang ditebar maka semakin banyak pula ikan yang kumpul.

Membandul atau Membom adalah aktifitas lazim pemancing sebelum mancing dengan cara melemparkan racikan bandul, yang komposisinya bermacam-macam seperti kombinasi pelet yang sudah dicampur dengan gilingan jagung, beras ketan hitam dedak, beunyeur atau bubuk beras (beunyeur), kemudian ditambah ampas kelapa yang sudah dimasak dan ditambah sedikit pewangi sedemikian rupa sehingga menimbulkan aroma khas yang menarik bagi ikan untuk berkumpul di tempat bandul tersebut ditebar.
Bagi sobat Mabes yang tidak mempunyai waktu untuk membuat bandul sendiri, sekarang di pasaran toko-toko pancing banyak beredar varian-varian bandul yang bisa kita pilih, diantaranya :
  1. Bandul wangi ketan hitam
  2. Bandul wangi pandan
  3. Bandul wangi kelapa
  4. Bandul wangi pelet
  5. Bandul wangi remis
  6. Bandul khusus umpan lumut
  7. Bandul khusus umpan cacing
Sebelum macing biasanya kita selalu mengawalinya dengan menebarkan bandul pada target spot karena biasanya penggunaan bandul yang tepat terbilang efektif bisa mengumpulkan ikan walaupun pada beberapa kasus yang saya alami, membandul secara berlebihan justru bisa membuat ikan-ikan kekenyangan dan ujungnya malah enggan makan umpan yang kita berikan.
Carilah bandul yang memiliki aroma sedang, tidak terlalu menyengat karena jangan sampai kualitas umpan anda malah kalah dengan bandul sendiri yang hasil akhirnya sudah pasti umpannya tidak dimakan sama sekali, ikan malah rame-rame berburu rebutan bandul😆.

Pada bandul wangi yang memiliki aroma kuat sebaiknya dilakukan dengan teratur dan bijak, karena jika ditebar secara ekstrim dan berlebihan malah menjadi senjata makan tuan bagi kita, ikan-ikan yang tadinya berkumpul malah kabur karena efek aroma yang berlebihan di area tempatnya berkumpul.
Disarankan jangan membandul saat ikan mulai mencium umpan kita, ini biasanya ditandai dengan joran yang bergerak lembut, atau pelampung (kukumul) bergoyang-goyang, karena bila hal ini dilakukan kemungkinan bisa mengakibatkan perhatian ikan malah kembali teralihkan pada bandul tersebut. Memang pada dasarnya setiap pemancing mempunyai pilihan dan cara yang berbeda menyikapi hal ini, alasannya adalah kembali pada karakter dan kebiasaan serta teknik mancing yang sering digunakan.
Beberapa bandul wangi pengumpul ikan yang sudah penulis pakai dan terbukti mendapatkan hasil maksimal yang sesuai harapan bisa anda dapatkan di toko online berikut :

Post a Comment

0 Comments