InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Obat Flu : Sup Hangat Dapat Jadi Alternatif

December 12, 2017 | Informasi, Kesehatan
obat flu.

Sebagian besar dari masakan tersebut sudah digunakan secara temurun sebagai masakan yang banyak dihidangkan ketika demam isu flu. Salah satunya ialah sup ayam.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Therapeutics, diketahui adanya kandungan karnosin dalam sup ayam. Karnosin ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan badan untuk melawan virus flu.

Penelitian tersebut berangkat dari riset Dr.Stephen Rennard yang menemukan bahwa sup ayam bisa menghambat respon neutrophils, jenis sel darah putih yang melindungi badan melindungi badan melawan infeksi. Penghambatan respon tersebut akan mengurangi gejala-gejala benjol jalan masuk pernapasan atas.

Sup ayam biasanya terdiri dari wortel, bawang putih, potongan daging ayam, merica, garam, kentang, lobak, serta daun seledri.

Pilek atau yang sering disebut dengan influenza ialah sebuah benjol virus akut di jalan masuk pernapasan. Terjadi secara epidemik maupun pandemik. Infeksi ini disebabkan oleh beberapa strain virus influenza, yaitu virus influenza A, B, dan C. Masa inkubasi virus ini berlangsung selama 3-10 hari. Hal ini ditandai dengan adanya inflamasi pada mukosa hidung, faring, dan konjungtiva. Kemudian, influenza disertai pula oleh sakit kepala, sakit pada otot, sakit tenggorokan, batuk, demam, menggigil dan lemas.

Sup Ayam Dapat Makara Alternatif Obati Flu

 Daya tahan badan seseorang akan melemah Obat Flu : Sup Hangat Bisa Makara Alternatif
Sup ayam hangat

Sebuah studi yang dilakukan di Miami meneliti pengaruh dari air dingin, air hangat, dan sup ayam terhadap anutan udara dan mukus. Penelitian dilakukan terhadap 15 partisipan. Hasilnya, sup akan meningkatkan fungsi silia, rambut di lubang hidung dan mencegah zat berbahaya memasuki tubuh. Selain sup, air panas dalam secangkir teh juga meningkatkan pergerakan lendir hidung dan membersihkan jalan masuk napas serta mengurangi risiko hidung tersumbat.

Dari aneka macam penelitian itu bisa disimpulkan aneka macam komponen dalam semangkuk sup ayam bekerja bersama melawan infeksi. Vitamin C, vitamin A, karotenoid, vitamin E, dan juga zinc yang terdapat dalam sayuran pemanis sup ayam diketahui akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian juga mengungkapkan nutrisi yang berada dalam bentuk cairan lebih gampang diserap badan dibanding bila dikonsumsi dalam bentuk padat.

Selain sup, masakan lain yang mempunyai khasiat serupa antara lain jeruk nipis, kiwi, minuman teh hangat, ubi, serta probiotik. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi probiotik mengalami penurunan tanda-tanda flu hingga 34 persen dan sakit mereka sembuh dalam waktu dua hari.

Related For Obat Flu : Sup Hangat Dapat Jadi Alternatif