InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Manfaat Dan Khasiat Kulit Buah Manggis Yang Luar Biasa

December 12, 2017 | kanker
Buah manggis memang sangat yummy dan kaya akan Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan badan kita. Manggis merupakan salah satu buah favorit, bukan hanya penikmat buah saja yang memfavoritkannya, namun petani pun ikut-ikutan demam manggis. Di Sumatera Barat (Kabupaten Solok Selatan) buah manggis dibudidayakan dan menjadi komoditas unggulan. Bagaimana tidak, harga jual buah ini tetap stabil lantaran digemari banyak orang.

Bukan hanya buahnya saja yang dicari dan dinikmati, kulit buah manggis pun dimanfaatkan sebagai ramuan herbal yang sanggup menyembuhkan banyak sekali penyakit. Konon kulit manggis ini sanggup mengatasi sekitar 70 jenis gangguan kesehatan badan yang diantaranya yaitu beberapa penyakit yang terbilang ganas. Makara jangan heran jikalau kini banyak sekali minuman atau jus manggis yang beredar dengan membawa khasiat dan manfaat dari buah ini.

Nah, dalam kulit manggis terdapat senyawa Xanthon, yaitu antioksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini mempunyai sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, menyerupai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Berikut beberapa manfaat xanthone terhadap kesehatan

  1. Anti Oksidan (menangkal radikal bebas)
  2. Anti Virus ( membantu menyembuhkan abses lantaran Virus)
  3. Anti Jamur ( membantu menanggulangi Infeksi lantaran Jamur)
  4. Anti Lipidemik ( menurunkan kadar lemak dalam darah)
  5. Mengobati dan mencegah Kanker
  6. Mengobati penyakit jantung
  7. Mengobati diabetes ( menurunkan kadar gula dalam darah)
  8. Membantu mengobati kista rahim
  9. Membantu mengobati Darah tinggi
  10. Membantu sistem pencernaan
  11. Mencegah Asteoporosis
  12. Mengatasi penyumbatan dalam darah

manfaat dan khasiat yang terkandung pada kulit buah manggis masih banyak lagi, jangan heran jikalau manfaat dan khasiatnya sangatlah kaya. Itulah sebabgnya buah ini digemari dan kini banyak diproduksi menjadi banyak sekali produk herbal.

Anda sendiri juga sanggup menikmati buah manggis dalam olahan jus, manfaat dan khasiatnya tidak akan berkurang. Apalagi anda membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini cara menciptakan jus kulit manggis yang sangat bermanfaat.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

  1. Siapkan beberapa buah manggis yang sudah masak, pilih yang berkulit mulus dan juga segar
  2. Belah dan pisahkan daging buahnya, mungkin bisa kita makan saja daging buahnya yang manis
  3. Ingat, yang akan kita gunakan yaitu kulit pecahan dalam dari kulit manggis, jadi keroklah secara perlahan dan jangan hingga kulit yang berwarna hitam terbawa, lantaran rasanya akan terasa sepat dan pahit.
  4. Setelah mendapat kerokan kulit manggis dari beberapa kulit manggis maka Blenderlah hingga halus.
  5. Anda bisa juga menambahkan madu, susu, gula yang sudah dilarutkan, atau gula aren sesuai selera. Blender hingga benar-benar halus dan rata. Jika terasa terlalu kental Anda bisa menambahkan sedikit air.
  6. Jus kulit manggis siap dinikmati, tambahkan sedikit es biar lebih segar & nikmat.

Selamat menikmati 😉

Sumber:Diolah dari banyak sekali sumber |

Related For Manfaat Dan Khasiat Kulit Buah Manggis Yang Luar Biasa