InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Makan Salak Dapat Meningkatkan Kinerja Otak Dan Menjaga Kesehatan Mata

December 11, 2017 | MANFAAT

Buah salak yang sering kita konsumsi mengandung manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Buah yang biasanya terhidang di meja (buah meja) ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Selain itu, salak merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat.

 yang sering kita konsumsi mengandung manfaat yang sangat besar untuk kesehatan Makan Salak bisa Meningkatkan Kinerja Otak dan Menjaga Kesehatan Mata
Buah salak yang mempunyai manfaat untuk menciptakan otak makin ‘encer’ dan cocok secagai penyempurna diet sehat

Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa kepingan barat daya dan Sumatra kepingan selatan. Akan tetapi asal-usul salak yang niscaya belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur hingga Maluku. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina, Papua Nugini, Queensland dan juga Fiji.

Di negara Barat, salak dikenal dengan sebutan Snake fruit lantaran bentuk kolitnya yang ibarat sisik ular.

Macam-macam Salak

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 hingga 30 jenis di bawah spesies. Beberapa yang populer di antaranya ialah :

  • Salak Sidimpuan dari Sumatera Utara,
  • Salak condet dari Jakarta,
  • Salak pondoh dari Yogyakarta
  • Salak Bali dari Bali
  • Salak Madura dari Bangkalan Madura.

Kandungan Gizi Buah Salak

Selain mempunyai bentuk yang unik dengan rasa anggun dan asam, ternyata buah salak juga mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, dan zat besi 3,9 miligram. Selain itu di dalam buah salak juga terkandung vitamin C sebesar 8,4 miligram.

Manfaat Kesehatan Buah Salak

Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, tidak mengherankan jikalau buah salak mempunyai aneka macam manfaat kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah salak antara lain:

Buah Salak Meningkatkan Kinerja Otak

Penelitian juga mengungkap bahwa salak diklaim bisa meningkatkan kinerja otak lantaran kandungan potassium dan pektin. Potassium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak (mengatur kecerdasan), dan proses fisiologi penting lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal “Integrative Cancer Therapies” diketahui bahwa pektin berpotensi mencegah dan mengobati kanker prostat. Pektin bekerja dengan cara menghambat reproduksi sel kanker serta menurunkan risiko terjadinya apoptosis, yaitu sel yang memprogram kematiannya sendiri.

Buah Salak Menjaga Kesehatan Mata

Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali dari buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka.

Jika Anda bosan dengan jus wortel , menciptakan jus salak bisa menjadi alternatif yang sempurna untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Buah Salak Membantu Program Diet

Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menghindarkan Anda untuk makan dalam porsi besar. Baik dikonsumsi bagi Anda yang menjalankan jadwal diet untuk menurunkan berat badan.

Buah Salak Mencegah Sembelit

Ada mitos yang berkembang jikalau mengonsumsi buah salak sanggup mengakibatkan susah BAB. Padahal mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X. Wahyurin Mitano, hebat gizi dari RSUD dr Soetomo, sebaiknya ketika mengonsumsi buah salak jangan dibuang kulit arinya.

Sebab dalam kulit ari itulah terdapat kandungan serat. Kandungan serat itulah yang sanggup mengurangi kemungkinan mengalami sembelit sehabis mengonsumsi buah salak. Salak juga diperkaya dengan tanin, zat yang dikenal sebagai anti diare. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda mengonsumsi buah jeruk.

Saat mengonsumsi jeruk sebaiknya jangan hanya dimakan bulirnya saja, tetapi makan juga pembungkus bulir jeruknya, lantaran pembungkus bulir tersebut mengandung serat tinggi untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Khasiat Daun Salak

Daun salak juga sangat mempunyai kegunaan menghilangkan penyakit ambeien yang belum parah. Caranya, 3 helai daun salak direbus dengan segelas air, lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum dengan gula merah. Minumlah dua kali sehari, pagi dan malam hari.

Kulit buah salak ternyata sangat mempunyai kegunaan mengobati dan menurunkan penyakit diabetes kering, menstabilkan tekanan darah ( tinggi maupun rendah ).

Jangan membuang kulit ari buah salak

 yang sering kita konsumsi mengandung manfaat yang sangat besar untuk kesehatan Makan Salak bisa Meningkatkan Kinerja Otak dan Menjaga Kesehatan Mata
Kulit ari buah salak

Menurut F.X. Wahyurin Mitano, pendapat perihal buah salak tersebut benar. Sebab, dalam kulit ari buah salak itulah terdapat kandungan serat. Anjuran yang sama berlaku ketika kita makan jeruk. Sebaiknya, jangan dimakan bulir jeruknya saja. Makan juga “pembungkus” jeruknya. “Kandungan serat itulah yang mengurangi kemungkinan menderita sembelit sehabis makan buah salak,” ungkap hebat gizi RSUD dr Soetomo tersebut.

Hati-hati Mengkonsumsi Salak bagi Penderita Maag dan Tifus serta Ibu Hamil

Perlu diperhatikan juga bahwa walaupun buah salak mempunyai kandungan dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun kita perlu juga untuk mencurigai imbas dari buah Salak. Perhatikan buah salak yang mempunyai rasa sepat ternyata tidak dianjurkan bagi penderita maag dan radang usus lantaran tannin dalam buah salak sanggup memperparah kondisi usus yang luka dan sulit dicerna. Buah itu juga tak disarankan bagi penderita tifus dan penyakit lain yang membutuhkan diet rendah serat.

Kandungan serat yang tinggi justru membahayakan kesehatan penderita tifus. Penderita talasemia (salah satu jenis penyakit darah), juga diminta mengurangi konsumsi salak. Sebab, kadar zat besi salak cukup tinggi. Pada penderita talasemia, penumpukan Fe bisa membahayakan organ tubuh lain, contohnya limpa.

Pada kehamilan, konstipasi sanggup disebabkan oleh peningkatan hormon, pinjaman pelengkap zat besi, kurangnya asupan serat dan air, kurangnya acara si Ibu, serta kebiasaan menunda buang air besar. Karena itu untuk ibu ibu hamil sebaiknya hindari salak atau makan secukupnya saja.

Nah, mulai kini jangan ragu lagi menambahkan buah salak ke dalam hidangan harian Anda.

Sumber: Diolah dari aneka macam sumber.

Related For Makan Salak Dapat Meningkatkan Kinerja Otak Dan Menjaga Kesehatan Mata