InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Kanker Serviks : Penyebab dan Gejala

March 8, 2017 | Kesehatan
Kanker serviks ialah jenis kanker yang paling umum di jumpai pada wanita Indonesia. Tingkat janjkematian yang sangat tinggi menimbulkan penyakit ini menjadi penyakit yang angker dikalangan wanita Indonesia. 80% dari semua pasien meninggal akhir penyakit tersebut. Dari 200.000 penderita kanker di Indonesia setiap tahunnya, 20% dari mereka (40.000 orang) divonis menderita kanker serviks.

Apa itu Kanker Serviks

Kanker Serviks ialah kanker yang terjadi di pintu masuk ke uterus (rahim). Leher rahim ialah adegan yang sempit dari rahim yang lebih rendah, sering disebut sebagai leher rahim. Kanker serviks terjadi paling sering pada wanita di atas usia 30.

Gejala Kanker Serviks

kanker serviks
Wanita Normal

Biasanya pada stadium awal orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Itulah mengapa perempuan harus melaksanakan tes Pap secara teratur semoga dapat mengetahui lebih dini.
Gejala kanker serviks yang umum terjadi :

  • Pendarahan setelah periode menstruasi
  • Pendarahan setelah korelasi seksual
  • Pendarahan pada wanita pasca-menopause
  • Ketidaknyamanan selama korelasi seksual
  • Bau keputihan
  • Keputihan diwarnai dengan darah
  • Nyeri panggul

Penyebab Kanker Serviks

Kanker merupakan hasil dari pembagian yang tidak terkendali dari sel-sel abnormal. Sebagian besar sel-sel dalam badan kita memiliki umur, ketika mereka mati sel-sel gres akan diproduksi untuk menggantikan sel sel yang mati. Sel abnormal dapat memiliki dua duduk perkara yaitu Mereka tidak mati atau Mereka terus membagi. Akumulasi berlebihan dari sel-sel ini akibatnya akan membentuk benjolan atau biasa disebut tumor. Para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin mengapa sel-sel dapat menjadi kanker. Namun, ada beberapa faktor risiko yang diketahui meningkatkan risiko terkena kanker serviks. Faktor penyebab kanker serviks adalah:

Kanker Serviks 2
Cervix          
  • HPV (human papilloma virus)

    HPV ialah virus menular seksual. Ada lebih dari 100 jenis HPV – 15 jenis dapat menyebabkan kanker serviks, mungkin 99% dari mereka. Selain itu ada beberapa jenis yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Diperkirakan bahwa HPV tipe 16 dan 18 menyebabkan sekitar 70% kasus kanker serviks, sementara HPV tipe 6 dan 11 menyebabkan 90% dari kutil kelamin.
  • Berganti – ganti pasangan seksual, Aktif bekerjasama seksual semenjak usia dini

    HPV ialah penyebab kanker servis. Tipe ini hampir selalu ditularkan akhir kontak seksual dengan individu yang terinfeksi. Wanita yang memiliki banyak pasangan seksual umumnya memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi HPV, yang meningkatkan resiko mereka terjangkit kanker serviks. Selain itu jikalau ia aktif bekerjasama seksual semenjak usia muda juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker serviks. Jika seorang wanita terjangkit kanker serviks itu tidak berarti ia memiliki beberapa pasangan seksual, atau telah aktif bekerjasama seksual semenjak dini dibandingkan perempuan lainnya. Ini hanya merupakan faktor risiko. Wanita yang hanya memiliki satu pasangan seksual juga dapat terjangkit kanker serviks.
  • Merokok

    Merokok berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya dapat meningkatkan risiko terjangkit kanker, termasuk kanker serviks.
  • Sistem kekebalan badan yang lemah

    Orang dengan sistem kekebalan badan yang lemah, ibarat orang dengan HIV / AIDS memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker serviks.
  • Beberapa faktor genetik

    Para ilmuwan di kampus Albert Einstein ( Medicine of Yeshiva University ) menemukan bahwa wanita dengan variasi gen tertentu tampaknya dilindungi terhadap kanker serviks.
  • Stress yang berkepanjangan

    Para ilmuwan di Fox Chase Cancer Center melaporkan bahwa seorang wanita yang mengalami tingkat stres yang tinggi selama periode yang berkelanjutan dapat merusak kemampuannya untuk melawan HPV dan berada pada peningkatan risiko terjangkit kanker serviks.
  • Melahirkan pada usia muda

    Wanita yang melahirkan sebelum usia 17 tahun secara signifikan lebih mungkin untuk terjangkit kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang memiliki bayi pertama mereka ketika ketika berusia 25 atau lebih.
  • Sering hamil

    Wanita yang telah memiliki setidaknya tiga anak pada kehamilan yang terpisah lebih mungkin untuk membuatkan kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah memiliki anak.
  • Pil Kontrasepsi

    Penggunaan pil kontrasepsi jangka panjang dapat sedikit meningkatkan risiko seorang wanita terjangkit kanker serviks.
  • Penyakit menular seksual lainnya (PMS)

    Wanita yang terinfeksi Chlamydia, gonore, sifilis atau yang lain memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker serviks. Para ilmuwan di Universitas Kedokteran Carolina Selatan menemukan bahwa abuh HPV bertahan lebih lama jikalau Chlamydia juga hadir.
  • Status sosial ekonomi

    Studi di beberapa negara telah mengungkapkan bahwa perempuan di kawasan yang perkenomonian tertinggal memiliki resiko jauh lebih tinggi terjangkit kanker serviks, dibandingkan dengan wanita yang tinggal di kawasan dengan perekonomian sedang / maju.

Referensi : Medical News Today

Incoming search terms:

  • awal gejala kanker serviks
  • penyebab kanker serviks pada pria loc:ID
tags:

Related For Kanker Serviks : Penyebab dan Gejala