InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Inilah Beberapa Ciri Makanan Sehat

December 13, 2017 | Makanan Sehat
 panduan kuliner sehat untuk hidup lebih sehat Inilah Beberapa Ciri Makanan Sehat
Piramida makanan, panduan kuliner sehat untuk hidup lebih sehat. Konsumsilah kuliner yang beragam

Untuk hidup yang sehat, kita perlu mengkonsumsi kuliner yang sehat pula, sebagaimana yang diketahui bahwa badan kita mendapat pasokan energi dan banyak sekali zat penting yang mendukung metabolisme badan melalui makanan.

Makanan yang sehat ialah kuliner yang mengandung banyak sekali zat/nutrisi yang diharapkan tubuh. Konsep kuliner dasar ialah mengutamakan kualitas kuliner dibandingkan kuantitasnya. Makanan sehat dianjurkan bagi orang kaya saja dengan anggapan bahwa orang kaya akan lebih gampang mengkonsumsi atau mendapat asupan gizi dari kuliner yang berkualitas, padahal tidak demikian.

Makanan sehat sangat gampang didapatkan, sayangnya kita kurang memperhatikan hal apa saja yang mengatakan bahwa kuliner tersebut sehat ataupun tidak. Mari simak beberapa ciri kuliner sehat untuk mengetahui apakah kuliner yang kita konsumsi selama ini memenuhi ciri-ciri tersebut?.

Berikut ini ialah ciri-ciri kuliner sehat

1. Makanan Non MSG dan Sedikit Garam

Sebaiknya Kita membatasi konsumsi kuliner yang mengandung MSG menyerupai kudapan buatan pabrik. Cermati juga kuliner yang mengandung Sodium atau Natrium alasannya merupakan jenis garam yang kurang manis terutama untuk penderita hipertensi.

Makanan yang mengandung MSG memang mempunyai rasa yang lebih gurih dan lezat. Namun konsumsi kuliner dengan MSG kurang manis untuk kesehatan jangka panjang. Dampak jelek pemakaian MSG ini hingga kini masih menjadi perdebatan.

2. Sedikit Minyak Goreng

Makanan yang digoreng dengan minyak suhu tinggi akan menciptakan gizi alami yang terdapat dalam kuliner rusak. Menggoreng kuliner dengan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah pernah dipakai, menciptakan kandungan lemak trans dan radikal bebas dalam kuliner meningkat. Dampaknya memang tidak muncul seketika,namun suatu ketika sanggup mengakibatkan sebuah Kanker.

3. Mengandung Serat yang Cukup

Gado-gado, urap, rujak merupakan jenis kuliner yang sanggup kita masukkan dalam hidangan kuliner sehari-hari. Mengonsumsi lalapan dan sayuran yang dikukus juga baik untuk memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari. Untuk mendapat suplemen serat, biasakan mengkonsumsi buah yang kaya kandungan serat sehabih makan sebagai pencuci mulut.

4. Sedikit Bahan Pengawet

Makanan kemasan buatan pabrik umumnya memakai materi pengawet, termasuk kaldu instan. Bahan pengawet yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi kuliner segar dan kuliner yang gres saja dimasak lebih baik daripada kuliner cepat saji yang menjadi abadi alasannya zat kimia tertentu.

5. Tidak Menggunakan Santan

Makanan bersantan menyerupai opor,soto,dan rendang mengandung kolestrol tinggi. Hati-hati menyantap kuliner bersantan menyerupai itu,karena jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam badan akan meningkat.
Dampak konsumsi kuliner yang mengandung kolesterol tinggi akan muncul beberapa tahun mendatang,misalnya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan banyak sekali penyakit jantung.

6. Cukup Matangnya

Makanan setengah matang menyerupai ikan bakar,sate, dan acar juga perlu diperhatikan,terutama bagi ibu hamil alasannya sama halnya dengan kuliner mentah,bakteri atau virus berbahaya pada kuliner setengah matang mungkin belom mati.

7. Lemak Hewani Secukupnya

Makanan sebaiknya mengandung lemak hewani secukupnya saja. Artinya, porsi lauk yang kita makan tidak perlu banyak menyerupai pada ketika makan steak dimana porsi daging lebih banyak daripada sayuran dan nasi atau kentang. Sepotong ikan atau telur serta tempe dan tahu sudah cukup untuk satu kali makan.

8. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan yang terlalu pedas sanggup mengakibatkan iritasi pada jalan masuk pencernaan. Pada sebagian orang, kuliner yang terlalu pedas akan mengakibatkan sakit perut atau sakit maag. Anda boleh saja makan kuliner pedas, tetapi jangan terlalu pedas. Selain sanggup membahayakan pencernaan, kuliner terlalu pedas juga akan menciptakan penampilan anda awut-awutan akhir produksi keringat yang berlebihan.

Related For Inilah Beberapa Ciri Makanan Sehat