InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Cara Menjaga Aroma Kopi Biar Tetap Nikmat

December 12, 2017 | Uncategorized
 terutama kopi giling dari biji kopi utuh Cara Menjaga Aroma Kopi biar Tetap Nikmat
Menjaga aroma kopi tetap nikmat

Minum kopi hangat, terutama kopi giling dari biji kopi utuh, menjadi kebiasaan banyak orang di seluruh dunia yang sebetulnya menawarkan manfaat dan kenikmatan asalkan cara menciptakan dan mengonsumsinya tepat. Kopi juga merupakan sumber kafein alami, selain teh dan cokelat, yang mengandung nutrisi dan antoksidan dengan banyak manfaat.

Kopi bukan lagi jenis minuman absurd yang sulit dijumpai, minuman ini dikenal dan selalu tersedia untuk setiap lapisan masyarakat, mulai kopi yang biasa dinikmati di rumah, di warung-warung kecil, cafe hingga restoran.

Di masyarakat urban, kopi sudah menjadi satu ciri tersendiri bagi mereka yang hidup aktif dan energik, minum kopi menjadi gaya hidup. Sebagai gaya hidup, unsur seni pun melebur ke dalam gaya hidup minum kopi, mulai dari penyimpanan, peracikan hingga penyajiannya.

Nah, cuilan yang paling penting yaitu menjaga aroma kopi biar tetap nikmat. Menurut Barista dan Chef, Ron Prasanto. Kopi dalam kemasan akan bertahan kesejukan dan aromanya hanya dalam waktu 2 hingga 3 hari sesudah kemasan dibuka. Namun kopi kemasan bila disimpan dengan cara yang benar, aroma dan kesegarannya akan bertahan 3 hingga 4 bulan.

Apabila Anda tidak mempunyai wadah kedap udara, Anda bisa menyimpan kopi tetap dalam kemasannya, dengan mengikat kemasan kopi rapat – rapat. Pastikan tidak ada udara yang sanggup masuk ke dalam kemasan tersebut. Kopi juga sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan, jangan sekali-kali menyimpan kopi di dalam lemari es lantaran sanggup merusak huruf dan kualitas kopi.

Kopi kemasan biasanya sudah dipasarkan dalam bentuk serbuk sehingga menciptakan aroma yang dihasilkan akan cepat hilang bila tidak cepat-cepat dipakai sesudah kemasan dibuka. Pecinta kopi biasanya lebih menentukan kopi yang masih dalam bentuk bean (biji), lantaran ketahanan aromanya akan lebih usang meski terkena udara. Bila Anda melaksanakan penyimpanan kopi dengan benar, Anda akan menikmati kopi dengan kualitas terbaik di rumah lebih lama. Kopi debu yang tersimpan baik kesejukan dan aromanya akan bertahan hingga 4 bulan.

Faktor yang mempengaruhi citarasa kopi

 terutama kopi giling dari biji kopi utuh Cara Menjaga Aroma Kopi biar Tetap Nikmat

Suparto Siregar, Fresh Food & Proprietary Beverages Sub Division Head 7-Eleven Indonesia, menyampaikan cara menyeduh dan minum kopi memengaruhi citarasa dan manfaat kafein pada kopi.


Air untuk menyeduh

Kopi yang diseduh dengan cara keliru, akan menghilangkan kenikmatan rasa kopi asli. Cara minum yang salah juga menciptakan Anda kehilangan manfaat tapi justru mendapat problem ibarat perut kembung atau gangguan pencernaan.

“Kopi yang diseduh di rumah dengan air yang bersumber dari air tanah boleh jadi terasa berbeda dengan kopi yang diseduh di gerai kopi dengan air Osmosis misalnya. Kualitas air untuk menyeduh kopi ini memengaruhi rasa. Rasa orisinil kopi hilang kalau diseduh dengan air tanah yang belum tersaring dari kandungan logam ibarat kalium. Kandungan logam pada air untuk menyeduh kopi inilah yang membedakan rasa kopi seduh,” terang Suparto Siregar.

Menurut Suparto, kopi yang diseduh memakai air tanah yang telah melewati proses penyaringan, sehingga bebas basil dan kandungan logam, akan lebih nikmat diminum. Misalnya memakai Water Reverse Osmosis yang sebetulnya bisa dimiliki setiap rumah tangga, tak harus tersedia di gerai kopi. Dengan memakai air Osmosis untuk menyeduh kopi, kualitas rasa biji kopi nusantara yang khas tetap terjaga.

Cara minumnya

 terutama kopi giling dari biji kopi utuh Cara Menjaga Aroma Kopi biar Tetap Nikmat

Selain cara menyeduh kopi yang memengaruhi citarasa, cara minum kopi juga memengaruhi kenikmatan bahkan manfaat kafein pada kopi. Kafein pada kopi dengan kandungan antioksidan punya banyak manfaat, di antaranya:

  • Baik untuk jantung lantaran antioksidan pada kopi bisa mengontrol peradangan (inflamasi) dalam arteri dan meningkatkan fatwa darah. Antioksidan dalam kafein juga bisa mengaktifkan asam nitrat yang berperan meningkatkan fatwa darah dalam pembuluh darah.
  • Mengaktifkan sel otak dan mengatasi sakit kepala. Ketika kafein menyentuh otak Anda, Anda akan menjadi aktif dan sakit kepala akan berada di bawah kontrol. Hal ini lantaran kafein mengaktifkan sel-sel otak dan membantumelawan rasa malas.
  • Mengatasi kantuk lantaran kandungan kafein dalam kopi yaitu unsur penting yang bisa mengontrol waktu tidur.
  • Kafein juga sanggup membantu mengurangi risiko Alzheimer dan Parkinson berkat antioksidan yang hadir dalam kopi yang berfungsi meningkatkan neurotransmitter.
  • Mengonsumsi dua cangkir kopi satu jam sebelum olahraga juga sanggup membantu mengurangi risiko nyeri otot hingga 48 persen.
  • Kafein juga melaksanakan pengambilan glutamat yang merupakan penghambatan di otak Anda, sehingga menciptakan Anda waspada dan siap beraktivitas.

Namun kopi juga bisa berdampak jelek kalau diminum dengan cara yang keliru. Dampak yang paling umum dirasakan biasanya perut kembung atau gangguan pencernaan. Menurut Suparto, dampak jelek kopi ini salah satunya terjadi lantaran kebiasaan minum kopi yang salah.

“Kopi yang teroksidasi akan menjadi asam dan inilah penyebab perut kembung atau problem pencernaan lainnya. Kebanyakan orang justru mendiamkan kopi yang diseduhnya. Kopi diminum sambil bekerja, dan tidak pribadi dihabiskan. Melainkan dibiarkan saja dan menemani selama bekerja, diminum kembali sesudah beberapa menit,” ungkapnya.

Suparto menyarankan, untuk menghindari biar kopi tidak teroksidasi, segera minum kopi seduh selagi hangat, tidak lebih dari 15 menit. Selain kopi mulai dingin, dengan mengonsumsi kopi lebih dari 15 menit sesudah diseduh, manfaat kafein pada kopi pun menghilang.

Related For Cara Menjaga Aroma Kopi Biar Tetap Nikmat