InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Bagian-Bagian Badan Dan Manfaat Sapi Bagi Kesehatan

December 14, 2017 | Informasi

Sapi merupakan binatang penghasil daging yang sangat dibutuhkan. Selain lantaran rasanya yang enak, sapi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa bagian-bagian dari sapi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat Kulit Sapi untuk Kesehatan

Kulit sapi yang diolah untuk di jadikan kerupuk, mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya yakni :

  1. Protein, Berdasarkan penelitian, sebagai produk binatang tanpa campuran, kandungan protein yang terdapat pada kerupuk kulit yakni sebesar 82,91%.
  2. Lemak, Kandungan lemak kerupuk kulit sapi yang mentah umumnya rendah yaitu 3,84% per 100 g. Setelah di goreng, kandungan lemak meningkat menjadi 20-30 kali lipat tergantung pada materi yang di gunakan dan cara menggorengnya (ditiriskan atau tidak). Dengan demikian, kerupuk kulit yang sudah digoreng merupakan sumber konsumsi minyak yang menguntungkan bagi individu yang membutuhkannya, namun merugikan bagi individu yang harus membatasi konsumsi minyak.
  3. Mineral, Kadar mineral yang terkandung dalam kerupuk kulit hanya sebesar 0,04% . Mineral ini umumnya terdiri dari kalsium, fosfor, besi dan mineral lainnya yang berasal dari materi dasar kerupuk tersebut .
  4. Natrium glutamat atau MSG atau NaG bebas, yang terkandung pada kerupuk kulit sebesar 0,8 g – 5,3 g per 100 g kerupuk kulit dengan rata-rata 3,05 g per 100 g. Kelompok glutamat sebagai garam kalsium, kalium dan natrium merupakan kelompok materi komplemen kuliner (BTM) yang berfungsi sebagai penguat rasa atau meningkatkan rasa enak.

    Sapi merupakan binatang penghasil daging yang sangat dibutuhkan Bagian-bagian Tubuh dan Manfaat Sapi bagi Kesehatan

    Manfaat Daging Sapi bagi Kesehatan

    1. Mengandung aneka gizi penting untuk pertumbuhan tubuh dan otak /kecerdasan anak,sajikan sajian masakan daging sapi 3 – 4 kali seminggu.
    2. Cegah Anemia Gizi dengan Zat Besi. Anemia lantaran kekurangan zat besi merupakan dilema gizi yang umum terjadi didunia. Jika menyerang anak-anak, perempuan subur, dan terutama perempuan hamil, bisa menjadi dilema serius. Namun anemia gizi bisa derita laki-laki dan perempuan yang lebih tua. Anemia bisa menimbulkan tubuh lesu,sulit konsentrasi,terhambatnya pertumbuhan(kerdil), penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi, kegagalan perkembangan mental, dan motorik dalam jangka panjang, kecerdasan tidak berkembang maksimal. dilema kehamilan, hingga maut ibu ketika melahirkan.
    3. Daging sapi merupakan salah satu daging yang jamak digunakan dalam kehidupan insan guna memenuhi kebutuhan akan makanan. Hal ini dikarenakan daging sapi mengandung banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat bagi manusia, yakni antara lain: 

    Zat Besi
    • Daging merah (sapi) yakni sumber terkaya zat besi.
    • Zat besi pada daging lebih gampang diserap tubuh ketimbang zat besi pada sayuran atau kuliner olahan, menyerupai sereal.
    • Zat besi penting untuk pengangkutan oksigen, produksi energi, dan perkembangan otak.
    Seng dan Selenium

    • Daging merah juga menjadi sumber seng yang baik.
    • Kebutuhan seng 50 persen lebih tinggi bagi individu yang tidak makan daging sama sekali.
    • Seng dan selenium penting untuk sistem imunitas, pertumbuhan, serta penyembuhan luka.
    Vitamin Grup B
    • Daging merah mengandung vitamin grup B, termasuk riboflavin, niacin, pantothenic acid, vitamin B6, dan vitamin B12.
    • Vitamin B12 tidak ditemukan dalam kuliner dari tumbuh-tumbuhan.
    • Kekurangan vitamin B12 merugikan fungsi neurologi, termasuk daya ingat dan konsentrasi.
    Vitamin D
    • Studi di Inggris mengatakan bahwa daging merah mengandung vitamin D.
    • Vitamin D penting bagi kesehatan tulang.
    Asam Lemak Omega 3

    • Daging merah yakni sumber alami omega 3.
    • Omega 3 penting untuk sistem saraf dan kesehatan jantung.
    • Daging merah relatif rendah lemak jenuh dan lemak trans.

    Protein
    • Daging merah mengandung protein yang tinggi.
    • Sebanyak 100 gram daging merah mentah mengandung sekitar 20-25 gram protein.
    • Fungsi protein yakni membangun kembali sel-sel yang rusak dalam tubuh.
    • Protein juga membentuk zat-zat pengatur, menyerupai enzim dan hormon.

    Manfaat Hati Sapi Terhadap Kesehatan

    Di antara beberapa jeroan lain yang selama ini dianggap kaya akan manfaat bagi kesehatan yakni Manfaat Hati Sapi. Pada sebagian orang, makan hati binatang ternak cukup dianjurkan, lantaran kandungan hati sapi memang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi yakni unsur penting dalam pembentukan sel darah merah, lantaran itu hati manis dikonsumsi mereka yang mempunyai kadar haemoglobin (Hb) rendah.

    Kandungan hati sapi yang juga mengandung vitamin A, vitamin B12, asam folat, vitamin C, fosfor, seng, dan zat besi, manis dikonsumsi mereka yang dalam masa penyembuhan dari sakit, dan ibu hamil. Hati juga dipercaya mengandung zat kolin yang berperan penting untuk perkembangan fungsi otak. Karenanya, manis untuk dikonsumsi anak balita.

    Hati sapi sangat kaya akan zat gizi, terutama kandungan retinol yang mencapai 13303 ug/100 g. Nutrisi lain yang tidak kalah pentingnya yakni protein 19.7 g, lemak 3.2 g, kalsium 7 mg, fosfor 358 mg dan zat besi 6.6 mg. Jika Anda mau sedikit berkreasi, dengan pengolahan yang sederhana, daging sapi bisa diolah menjadi hidangan yang yummy dan sehat

    Mengonsumsi hati juga perlu berhati-hati, lantaran organ hati yakni organ penyaring racun dalam sistem pencernaan tubuh, karenanya rentan terkontaminasi zat kimia, pestisida, ataupun racun lainnya. Karena itulah, bila ingin mengonsumsi hati ternak, Anda harus cermat memilih. Hati harus masih dalam keadaan segar, tidak berwarna abu-abu, dan harus dicuci berulang kali hingga bersih, dan direbus hingga matang sebelum diolah.

    Manfaat Jeroan Sapi bagi Kesehatan

    Walaupun mengandung kolestrol yang tinggi, secara umum jerohan juga mengandung zat gizi.
    Diantaranya yakni karbohi drat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin utama yang ada dalam jerohan yaitu vitamin B khususnya vitamin B1 B12 , asam folat. Selain itu yakni vitamin A terutama pada hati.

    Sedangkan mineral yang terdapat dalam jerohan diantaranya zat besi, potasium, magnesium, fosfor, zinc dan lain sebagainya.

    Oleh alasannya yakni itu, pada ukuran tertentu, jeroan juga bermanfaat bagi kesehatan yaitu :

    1.Mencegah dan Mengatasi Anemia
    Anemia atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit kurang darah, me rupakan penyakit yang diakibatkan keku rangan asam folat dan zat besi. Asam folat merupakan materi essensial untuk sintesis DNA dan RNA yang penting untuk metabolisme inti sel terma suk sel darah merah. Sedangkan zat besi merupakan unsur yang penting dalam pembentukan sel darah merah. Bila terja di gangguan dalam pembentukan sel da rah merah, maka kadar hemoglobin (Hb) dalam darah menjadi tidak normal. Kon disi ini menciptakan fungsi Hb sebagai pem bawa oksigen ke seluruh tubuh tergang gu. Akibatnya tubuh terasa lemah, letih, lesu, dan muka pucat. Asam folat dan zat besi banyak terdapat pada hati.

    2.Menyehatkan Otak
    Jerohan terutama hati, jantung, dan ginjal banyak mengandung vitamin B yang berkhasiat bagi kesehatan otak. Semua jenis vitamin B merupakan zat gizi yang penting bagi kesiapan kerja sistem sel-sel syaraf manusia. Kekurangan vitamin B12 sanggup menimbulkan gangguan pada selaput syaraf, hilangnya sejumlah memori serta bi la berlanjut sanggup menimbulkan terjadinya dimentia (kepikunan) bahkan gangguan mental yang lebih parah. Penggunaan glukosa otak sebagai sumber energi untuk disalurkan ke seluruh tubuh juga terhalang. Sedangkan keku rangan thiamin (vitamin B1) akan menye babkan penurunan kecepatan motorik, kekacauan mental, gangguan pada daya ingat dan fungsi kognitif.

    3.Baik Bagi Ibu Hamil
    Ibu hamil termasuk ke dalam kelompok rawan gizi. Kekurangan gizi yang ter jadi selama masa kehamilan sanggup berdampak cukup besar terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Asam folat dan zat besi merupakan zat gizi yang berperan. lantaran biasanya ibu hamil cenderung mengalami defisiensi kedua jenis zat gizi tersebut.

    Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf dan mence gah terjadinya keganjilan pada bayi se perti keganjilan pada otak dan sumsum tulang belakang. Kebutuhan asam folat akan meningkat sebanyak 150 pg per hari di masa kehamilan. Kekurangan asam folat selama masa kehamilan me­nyebabkan bayi lahir dengan bibir sum bing, berat tubuh rendah, down syndrom dan keguguran.

    Kelainan lain yaitu bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, tidak sanggup berjalan dengan tegak dan emosi anak cenderung tinggi. Ibu hamil juga seringkali mengalami anemia akhir kekurangan zat besi. Ke naikan volume darah secara pesat pada ibu hamil akan meningkatkan kebutuhan zat besi. Mereka membutuhkan tamba han zat besi sebanyak 20 mg/hari. Oleh lantaran itu jerohan tertentu menyerupai hati dan ginjal mempunyai tugas yang penting ketika masa kehamilan, lantaran mengandung asam folat dan zat besi. Walau bermanfaat hendaknya jero han ini dikonsumsi dengan jumlah yang sempurna lantaran kolesterolnya cukup tinggi.

    4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Zinc dan vitamin A pada sebagian jerohan sangat baik untuk memelihara ke sehatan jaringan epitel termasuk en dotelium pada pembuluh darah. Kedua zat gizi tersebut membantu mencegah kerusakan pembuluh darah dan dika takan oleh beberapa jago bahwa vitamin A dan zinc secara signifikan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kadar vitamin A yang rendah mem buat tubuh rentan terhadap serangan in feksi (virus, basil maupun mikroorga nisme berbahaya). Selain itu kekurangan vitamin A juga sanggup menimbulkan ter akibatnya penyakit autoimun. Secara siner gis, zinc, dan vitamin A sanggup melindungi sel darah putih dari kerusakan akhir se rangan radikal bebas.

    Manfaat Lidah Sapi untuk Kesehatan

    Berdasarkan isu yang ada, sanggup disimpulkan bahwa manfaat pengecap sapi yakni mengandung nutrisi menyerupai vitamin B 12, seng dan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Untuk itu diharapkan penemuan penyajian dari pengecap sapi menjadi kuliner yang digemari oleh masyarakat.

    Berdasarkan analisis dilema sebelumnya, maka perlu dibentuk penemuan pengolahan pengecap sapi menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bisa dinikmati banyak orang yaitu dengan menciptakan sosis pengecap sapi. Dengan mengolah pengecap sapi menjadi sosis diharapkan bisa mengurangi limbah peternakan dan menambah suplai kuliner yang bisa dinikmati banyak orang.

    Langkah-langkah pembuatan sosis pengecap sapi ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan sosis pada umumnya. Bedanya terletak pada adonan, yaitu dengan memakai materi dasar pengecap sapi yang sudah dihaluskan.

    Manfaat Iga Sapi Terhadap Kesehatan

    Manfaat iga sapi sebagai mencegah dan mengatasi anemia, menyehatkan otat, baik bagi ibu hamil, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, walaupun kandungan kolestrolnya tinggi tapi sanggup kita ketahui manfaat iga api amat banyak, dan amat bermanfaat bagi mereka yang masih belum dewasa dan remaja

    Sapi merupakan binatang penghasil daging yang sangat dibutuhkan Bagian-bagian Tubuh dan Manfaat Sapi bagi Kesehatan

    Bagian-bagian tubuh Sapi dan Penggunaannya

    1. Daging sapi paha depan atau dikenal juga sebagai chuck yakni potongan daging sapi yang berasal dari potongan atas paha depan. Biasanya daging ini digunakan untuk menciptakan bakso.
    2. Daging Iga Sapi atau rib yakni potongan daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Rib-eye steak yakni potongan dalam bentuk steak, bisa dengan tulang (bone in) atau tanpa tulang (boneless). Biasanya potongan ini digunakan sebagai materi dasar kuliner khas Makassar, sup konro.
    3. Has Dalam atau tenderloin yakni daging sapi dari potongan tengah badan. Sesuai dengan karakteristik daging has, daging ini terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar potongan tulang belakang, dan kurang lebih di antara pundak dan tulang panggul. Daerah ini yakni potongan yang paling lunak, lantaran otot-otot di potongan ini jarang digunakan untuk beraktivitas. Biasanya potongan daging ini digunakan untuk menciptakan steak.
    4. Has Luar atau lebih dikenal dengan nama Sirloin yakni potongan daging sapi yang berasal dari potongan bawah daging iga. Biasanya daging ini digunakan untuk menciptakan steak.
    5. Tanjung atau lebih dikenal dengan nama Rump yakni salah satu potongan daging sapi yang berasal dari potongan punggung belakang. Biasanya daging ini disajikan dengan dipanggang.
    6. Lamosir atau lamusir termasuk daging yang lunak lantaran didalamnya terdapat butir-butir lemak. Daging lamosir sanggup dipanggang dalam oven, dibakar atau digrill. Biasanya daging ini digunakan untuk kuliner khas Batam, Sup Lamosir.
    7. T-Bone yakni potongan daging sapi yang biasa dibentuk sebagai steak. Potongan daging ini terbentuk dari tulang yang berbentuk menyerupai karakter T dengan daging disekitarnya.
    8. Lidah Sapi yakni potongan daging sapi yang berasal dari pengecap sapi yg biasa digunakan sebagai materi dasar kuliner untuk Sate Padang.
    9. Ekor sapi atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Buntut sapi yakni potongan ekor dari tubuh sapi. Biasanya potongan ini disajikan sebagai hidangan sup buntut.
    10. Sandung lamur (bahasa Inggris: Brisket) yakni potongan daging sapi yang berasal dari potongan dada bawah sekitar ketiak. Biasanya potongan daging sapi ini agak berlemak dan digunakan untuk masakan khas Padang menyerupai Asam Padeh.
    11. Sengkel, dlm bahasa Belanda: Schenkel, bahasa Inggris: Shank / Shin) berasal dari potongan depan atas kaki sapi. Biasanya digunakan sebagai materi dasar sup, soto dan bakso urat.
    12. Hati sapi yakni potongan tubuh sapi yang berasal dari hati sapi. Biasanya hidanganyang sanggup dibentuk oleh potongan tubuh ini yakni sambal goreng dan rempela ati goreng.
    13. Jeroan sapi yakni potongan dalam tubuh sapi yang terdiri dari usus, limpa dan babat. Biasanya hidangan yang sanggup disajikan dengan materi potongan tubuh ini yakni Coto Makassar.
    14. Kaki sapi yakni potongan daging sapi di potongan kaki yang biasa digunakan sebagai materi dasar kuliner terutama di Asia. Di Indonesia, biasanya daging ini digunakan untuk menciptakan Sop kaki sapi dan potongan dari Mie kocok Bandung.
    15. Kulit sapi ialah potongan paling luar daging sapi. Kulit sapi biasanya dikeringkan dan digoreng menjadi rambak.
    16. Tetelan yakni potongan daging sapi yang sebetulnya merupakan sisa daging yang menempel pada tulang. Daging ini berupa adonan daging, urat, lemak dan sebagainya. Tetelan telah dikelupas dari tulang dan dipotong-potong. Biasa daging ini digunakan untuk sup atau rawon.
    17. Kikil sapi yakni tulang rawan yang diambil dari potongan kaki sapi. Kikil biasanya ditemui dalam hidangan mie kikil, sup kikil.
    18. Kelapa (bahasa Inggris: Knuckle) yakni potongan daging sapi yang berasal dari paha belakang potongan atas yang berada di antara epilog dan gandik. Biasanya hidangan yang memakai daging ini yakni panggangan dan casserole.

    Diolah dari banyak sekali sumber!

    tags:

    Related For Bagian-Bagian Badan Dan Manfaat Sapi Bagi Kesehatan