InfoSehatPedia.Com

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga

Menu

Alhamdullilah Sakit Diabetes Ayah Saya Sembuh Total Berkat Konsumsi Acar Bawang Lanang Setiap Hari, Begini Cara Membuatnya!!

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang pastinya sudah tidak ajaib lagi terdengar di indera pendengaran masyarakat Indonesia. Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur utama yang hampir ada pada setiap masakan, yang menunjukkan cita rasa yang khas dan juga gurih, sehingga menambah kenikmatan dari suatu masakan.


Bawang putih sendiri, ternyata selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan juga materi tumisan, sering juga diolah menjadi bentuk acar, yaitu acar bawang putih. tidak jauh berbeda dengan acar pada umumnya, acar bawang putih menggunakan materi campuran cuka dan garam untuk membuatnya. Berikut ini yaitu langkah – langkah untuk mengolah bawang putih menjadi acar bawang putih :

Bahan yang harus disiapkan :

Ambil kurang lebih 500 gr bawang putih atau sesuaikan dengan jumlah kebutuhan
  • 1 – 2 sendok teh garam
  • 1 – 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan cuka dapur
  • Air sebanyak 250 ml


Cara membuat Acar Bawang Putih :

  1. Campur dan aduh rata bawang putih dengan garam, lalu setelah merata simpan di dalam toples, dan tutup dengan rapat
  2. Rebus air bersama dengan gula sampai larut, lalu masukkan cuka dapur, aduk rata, lalu dinginkan
  3. Tuangkan hasil rebusan gula, air dan cuka tersebut ke dalam toples yang berisi bawang putih, tutup dengan rapat, lalu biaskan sampai 2 – 3 hari untuk membuat acar menjadi lebih sempurna.



Apa saja manfaat acar bawang putih ?

Acar bawang putih ini memiliki banyak sekali manfaat loh, terutama bagi anda yang tidak suka mengkonsumsi bawang putih yang belum diolah, karena meskipun sudah menjadi acar, nutrisi dan kandungan gizinya masih tetap tersimpan dengan baik. Apa saja manfaat acar bawang putih ini? Berikut yaitu beberapa manfaat dari acar bawang putih :

Dapat digunakan sebagai sobat makan maupun camilan

Dengan adanya pemanis air, gula, garam, dan juga cuka, maka acar bawang putih kini sudah memiliki rasa yang asin, manis dan asam yang efeknya sangat menyegarkan. Selain dapat dijadikan sobat makan, acar bawang putih dapat dimakan begitu saja dan menunjukkan efek menyegarkan.

Berguna sebagai antibakteri dan juga antiseptic

Bawang putih secara alami memiliki kandungan antibakteri dan antiseptic. Hal ini mengakibatkan bawang putih bisa menangkal aneka macam macam penyakit yang disebabkan oleh abses kuman dan bakteri.

Mencegah dan menurunkan kadar kolestrol

Bagi anda yang memiliki bakat penyakit kolestro, acar bawang putih ini sanat baik untuk anda, karena bawang putih sendiri memilki sifat alami yang dapat mengontrol dan juga menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

Mencegah hipertensi

Bawang putih ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah naiknya tekanan darah anda, atau yang sering kita kenal dengan istilah hipertensi. Hipertensi sendiri dapat berakibat buruk bagi kesehatan, menyerupai :

Pintu masuk dari aneka macam penyekit

Menimbulkan serangan jantung dan stroke
Gangguan pada mood
Dapat menenangkan

Nah, bagi anda yang mengalami hipertensi terutama, efek relaksasi dan menenangkan yang dimiliki oleh bawang putih dapat menjadi andalan, efek relaksasi ini selain bisa menurunkan tekanan darah, dapat juga membuat anda menjadi lebih tenan dan tidak cepat naik emosinya.

Baik untuk kesehatan tulang

Bawang putih juga memiliki kandungan kalsium. kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang anda. kalsium dapat mencegah aneka macam macam gangguan pada tulang, menyerupai :

Osteoporosis

Kelainan pertumbuhan tulang
Mencegah peneknya tinggi badan.
Dapat mempercepat pertumbuhan sel dan syaraf
Manfaat lain yang dapat diperoleh dari bawang putih yaitu bahwa bawang putih bisa untuk mempercepat pertumbuhan sel dan syaraf. Selain itu, bawang putih juga baik untuk memperbaiki jaringan – jaringan tubuh yang mengalami kerusakan, sehingga dapat berfungsi secara normal kembali.

Baik untuk menjaga daya tahan tubuh

Bawang putih memiliki kandungan vitamin C dan juga antioksidan. Kedua kandungan ini efeknya sangatlah baik untuk menjaga daya tahan tubuh, dan juga bisa untuk mencegah tubuh terserang aneka macam macam penyakit

Mampu memperlancar peredaran darah

Kandungan besi dan juga beberapa vitamin pada bawang putih menunjukkan manfaat yang luar biasa dalam memperlancar peredaran darah. Hal ini akan mengakibatkan suplai darah dan juga oksigen ke seluruh organ tubuh yang membutuhkan menjadi lebih cepat dan juga optimal.

Mencegah anemia atau kekurangan darah

Kandungan zat besi pada bawang putih sangat baik bagi anda yang mengalami gejala – gejala kekurangan darah atau anemia, menyerupai Lemah, Lelah, Letih, Lesu dan juga Lemas.

Dapat mengobati flu dan juga batuk

Kandungan alami vitamin C, antioksidan, dan sifatnya sebagai antiseptic dan antibakterti membuat bawang putih sangat baik untuk mengobati penyekit flu dan batuk yang diesbabkan oleh basil dan juga kuman.

Anti kanker

Antioksidan yang terkandung pada bawang putih merupakan salah satu kandungan yang baik untuk menangkal radikal bebas, dan juga dapat menecegah pertumbuhan dan munculnya sel – sel kanker di dalam tubuh.

Top Untuk Kanker

Membantu menaikkan berat tubuh bayi selama dalam masa kandungan
Pada masa kehamilan, ibu juga disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih. hal ini disebabkan oleh kandungan dari bawang putih dapat menikkan berat tubuh dari janin dan baik untuk perkembangan syaraf dan jaringan tubuh pada janin selama masa kandungan.

Menyembuhkan penyakit wasir

Bagi anda yang sering mengalami wasir, cobalah anda mengkonsumsi acar bawang putih ini. Bawang putih dapat membersihkan kuman dan basil yang mengakibatkan munculnya wasir pada tubuh anda.

Mampu mengendalikan gejala diabetes

Bawang putih ternyata juga sanga baik dalam mengontrol kadar gula darah. Hal ini merupakan salah satu kabar bangga bagi anda yang memiliki penyakit diabetes, karena dengan konsumsi acar bawang putih, kadar gula darah di dalam tubuh anda akan menjadi lebih terkontrol dan dapat dikendalikan.

Top Herbal Untuk Diabetes

Dapat menyembuhkan gejala – gejala gangguan pernapasan
ads

Acar bawang putih juga dapat dijadukan sebagai salah satu obat yang dapat menyembuhkan dan mengurangi gejala – gejala pernapasan yang muncul. Biasanya gejala – gejala pernapasan yang muncul yaitu menyerupai :

Sesak nafas
Hidung mampet
Nafas terasa berat
Sulit bernafas.
Mencegah dan mengurangi gejala reumatik

Bagi anda yang sering mengalami gejala reumatik, yaitu mencicipi satkit pada episode – episode tubuh tertentu, maka acar bawang putih juga merupakan salah satu pilihan yang tepat untukmenyembuhkan dan mengurangi gejala – gejala dari reumatik yang anda rasakan

Dapat menurunkan kadar stress dan depresi

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, acar bawang putih bisa menunjukkan efek relaksasi bagi tubuh. Hal ini dapat membantu anda dalam menurunkan kadar dan tingkatan stress atau depresi yang sedang melanda,.

Anti aging

Kandungan anti oksidan yang ada pada acar bawang putih ini sangatlah baik untuk mencegah tanda – tanda penuaan, terutama bag anda para wanita yang sering bermasalah dengan tanda – tanda penuaan pada usia 30 – 40 taunan.

Nah, itulah sedikit mengenai acar bawang putih, mengenai bagaimana cara membuat acar bawang putih, dan juga apa saja manfaat dari acar bawang putih bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda mengenai produk olahan dari bawang putih ini ya. Terima kasih.

Related For Alhamdullilah Sakit Diabetes Ayah Saya Sembuh Total Berkat Konsumsi Acar Bawang Lanang Setiap Hari, Begini Cara Membuatnya!!